Ternyata biji buah kurma banyak manfaatnya

Ternyata biji buah kurma banyak manfaatnya

235
0
SHARE

Berhubung masih dalam suasana Bulan Ramadhan, yang sama-sama sobat semua ketahui merupakan Bulan yang identik banget dengan buah kurma, maka ane ingin sedikit memberikan tips tentang manfaat dari biji dari buah kurma tersebut.Mungkin sebagian dari sobat semua pasti bertanya-tanya "Lhoo kok bijinye sih ? Jawabannya karna kita semua tahu biji kurma sering sekali dibuang begitu saja padahal sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari biji kurma tersebut. Oke dehh sob, supaya basa-basinya gak kelamaan dan panjang lebar, berikut pengolahan dari biji kurma tersebut hingga biji kurma tersebut bisa kita konsumsiYuk simak sob, begini cara pengolahannya sob:1. Cuci biji kurma tersebut dan tiriskan.Usahakan proses pencucian biji kurma tidak menggunakan sabun dan sejenisnya karna sabun sangat berbahaya bagi tubuh jika terkonsumsi. Sebaiknya gunakan sikat gigi baru untuk membersihkan sisa-sisa daging kurma yang masih tertinggal lalu bilas dengan air sampai bersih.
2. Ratakan di dalam baki kemudian jemur seharian di bawah sinar matahari.Penjemuran biji kurma hendaknya dilakukan ditempat yang aman dan terhidar dari debu serta gangguan dari semut dan binatang-binatang lainnya agar kebersihan dari biji kurma yang dijemur terjaga.
3. Kemudian bila sudah kering, goreng biji kurma tersebut dalam wajan tanpa minyak (digongseng) lalu goreng sampai hangus dan mengeluarkan aroma seperti kopi.Tujuan dari penggorengan tanpa minyak (penggongsengan) ini bertujuan untuk membunuh parasit-parasit yang mungkin menempel sewaktu proses penjemuran dan juga untuk mematangkan biji kurma.
4. Tumbuk atau blender biji kurma tersebut dan terciptalah bubuk kopi (kurma) yang siap diseduh untuk di minum.Setelah proses penggorengan tanpa minyak (gongseng) lalu tumbuk atau blender biji kurma tersebut dan masukkan dalam toples.
Begitulah proses pengolahannya sob, gampang kan . Ada banyak manfaat dari biji buah kurma ini serta nutrisi yang terkandung didalamnya juga baik untuk tubuh kita, untuk lebih jelasnya silakan cekidot dibawah sob
Manfaat dari biji kurma adalah :Memberi energi instan
Memulihkan energi Syahwat
Menyembuhkan diabetes
Memberikan energi kepada pria dan wanita
Menghilangkan letih dan lesu
Menghangatkan badan
Mengendorkan saraf yang tegang
Menyembuhkan kanker, keputihan, gatal-gatal dan masuk angin
Menyembuhkan sakit perut
Menyegarkan badan / tidak mengantuk
Menyembuhkan darah tinggi, kolesterol, stroke dan goutt
Menyembuhkan sakit kepala / migrain
Melancarkan peredaran darah
Komposisi dan nutrisi dalam biji kurma antara lain :Kelembaban
7.17 – 9%
Protein
1.82 – 5.2%
Lemak
6.8 – 9.32%
Karbohdrat
65.5%
Serat
6,4 – 13,6%
Abu, sterol & Estrone
0.89 -1.57%
Polisakarida Larut Alkali
0.89 – 1.57%
Minyak Kuning-hijau
6 – 8%
Kandungan Asam Lemak Minyak Kuning-hijau
Lauric, 8%; myrictic, 4%; palmitic, 25%;
Stearic, 10%; oleic, 45%; Linoleic, 10%;
Juga terdapat kandungan asam kaprilat, kaprik dan asam oksalat
Rentang sampai 56%
Selain itu kopi biji kurma ini tidak hanya untuk diminum sob, bubuk biji kurma ini bisa dijadikan scrub untuk melembutkan kulit. Campurkan bubuk kopi biji kurma ini dengan madu sebelum disapukan ke kulit. Jika mengalami masalah kulit kepala yang parah atau rambut rontok, ambil bubuk kopi biji kurma ini campurkan dengan minyak zaitun, lakukan setiap hari sebelum tidur mudah-mudahan hasil yang menakjubkan akan sobat semua peroleh
Demikianlah thread ane tentang manfaat biji kurma, semoga bermanfaat buat sobat semua lebih dan kurang ane mohon maaf
(
sumber)

Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

NO COMMENTS

Comments are closed.