Penemu SMS meninggal dunia

Penemu SMS meninggal dunia

26
0
SHARE

Bisa Anda bayangkan, bagaimana jika Anda tak bisa mengirim pesan pendek atau SMS kepada keluarga, kerabat atau teman? SMS menjadi salah satu alat komunikasi yang sangat bermanfaat bagi banyak orang.

Industri mobile berduka, mengenang Matti Makkonen yang tutup usia. Dialah sang penemu SMS. Makkonen meninggal dunia karena sakit di usianya yang ke-63.

Namun seperti dilansir Wired, Rabu (1/7/2015), tidak ada informasi lebih lengkap yang menjelaskan apa penyakit yang menggerogoti pria asal Finlandia ini.

Oleh orang-orang terdekatnya, Makkonen dikenal sebagai pribadi yang rendah hati. Meski dijuluki sebagai Bapak SMS, Makkonen sering menyebut teknologi pesan singkat tidak ditemukan oleh dirinya seorang.

Saat berbicara di perayaan 20 tahun kelahiran SMS, Makkonen pernah mengatakan bahwa julukan Bapak SMS yang dialamatkan padanya tak lepas dari peran Nokia yang mempopulerkan teknologi tersebut.

Semasa hidupnya, Makkonen berprofesi sebagai engineer di bidang komunikasi mobile. Dia dipekerjakan oleh Nokia Networks dan Tele Finland, juga Finnet Oy. 

Managing Director grup telekomunikasi Finlandia Finnet Association, Jarmo Matilainen yang juga mantan Managing Director di Finnet punya kesan tersendiri selama bekerja dengan Makkonen.

Matilainen menggambarkan Makkonen sebagai pria berbakat di industri mobile. "Menyedihkan dia istirahat lebih cepat, sementara bakatnya masih bisa membawanya ke tahun-tahun berikutnya," ujarnya.

Penggunaan SMS saat ini memang mulai tergeser oleh aplikasi instant messaging. Meski demikian, masih banyak orang yang mengandalkan komunikasi melalui SMS, terutama ketika koneksi data sedang tak bisa diandalkan untuk mengirim pesan melalui aplikasi messaging.

(rns/ash)

Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

NO COMMENTS

Comments are closed.