Bagaimana Kunang Kunang bercahaya

Bagaimana Kunang Kunang bercahaya

25
0
SHARE

Kunang-kunang adalah salah satu serangga favorit banyak orang, kerena kemunculannya bisa membuat malam lebih indah. Pertanyaannya, dari mana asal cahaya berwarna hijau atau kuning itu? Menurut penelitian, cahaya itu bukan berasal dari dunia gaib.

Ya, ilmuwan Universitas Yale dan Buffalo, serta Institut Hauptman-Woodward mengatakan cahaya itu diciptakan di bagian perut bawah kunang-kunang yang disebut dengan 'lentera'. Di bagian lentera itu, menurut ilmuwan, terjadi ada dua zat kimia unik milik kunang-kunang, yakni luciferin dan adenosine triphosphate (ATP).

Nah, jika kedua zat kimia itu bersatu dan bertemu dengan oksigen yang dihirup oleh kunang-kunang, maka reaksi kimia yang terjadi bisa menghasilkan cahaya. Proses yang sama juga terjadi pada hewan yang bisa bersinar lain, misalnya cacing 'glow worm'.

Lebih lanjut, cahaya yang muncul di ekor kunang-kunang j*ntan dan b*tina itu ternyata adalah alat untuk berkomunikasi ketika masa k*win tiba. Menariknya, kunang-kunang j*ntan memiliki cara unik untuk menggaet si b*tina. Pej*ntan yang jumlahnya bisa mencapai ribuan akan mengedipkan cahaya di ekor dengan serentak beberapa kali sebagai sinyal siap k*win.

Berbeda dengan pej*ntan yang harus bersusah payah, si b*tina tidak perlu repot dalam menentukan pilihan. Apabila si b*tina menemukan pej*ntan yang cocok, dia hanya perlu mengedipkan cahaya satu kali.

Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

NO COMMENTS

Comments are closed.