Yuk kenalan sama bus transjakarta terbaru ini, teknologinya mantap

Yuk kenalan sama bus transjakarta terbaru ini, teknologinya mantap

43
0
SHARE

20 bus TransJakarta merek Scania akan tiba di Ibu Kota bulan ini. Bus gandeng buatan Swedia itu diklaim menggunakan teknologi tinggi dan memiliki spesifikasi yang berbeda dibandingkan bus TransJakarta yang ada sekarang.
 
Scania Euro6  berbahan bakar gas CNG (compressed natural gas) dengan emisi gas buang 13,5 persen ketimbang standar Euro3. Bus kebanggaan Scandinavia itu bersuspensi udara terkendali komputer, begitu juga dengan sistem pengeremannya electronically braking system dan ABS plus fitur hill hold.
Bus itu dibuat dengan konsep bus rapid transit (BRT) sesuai keinginan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Scania Euro6 mampu membawa 180 orang tanpa berdesakan. Ada barisan kursi khusus kaum difabel dan wanita.
Harga bus gandeng canggih itu Rp5,8 miliar per unit (on the road) dengan bodi full alumunium. Kekuatan, kehandalan dan kualitas bus berkelir merah semburat kuning khas TransJakarta itu diklaim memiliki usia pakai 15 tahun.
Gubernur DKI Jakarta Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama mengenal Scania karena bus itu yang digunakan oleh sistem BRT di berbagai negara. "Saya tidak tahu Swedia. Saya hanya cek BRT di dunia, ada empat merek yang orang percaya. Yang bagus itu Scania. Kami jamin tidak ada komisi untuk kami," kata Ahok Kamis, 8 Mei 2014.
Beberapa negara yang sudah menggunakan Scania adalah Singapura, Malaysia, Australia, dan Brasil. Ahok membeli produk dengan mempertimbangkan hitungan biaya dan umur kendaraan. "Saya lihat beberapa negara pakai bus ini 20 tahun dan masih laku dijual ke Afrika," ujarnya.

NO COMMENTS

Comments are closed.