Yang biasa dirasakan di hari pertama puasa

Yang biasa dirasakan di hari pertama puasa

24
0
SHARE

Yang Biasa ente Rasakan di Hari Pertama Puasaengga terasa sudah memasuki bulan suci Ramadhan nih, ternyata banyak hal yang bisa agan temui di bulan ini. Mulai dari orang yang emang benar benar berniat puasa, hingga yang mendadak puasa. Tiba tiba menjadi alim, nasehatin ente yang malas puasa.Tapi apakah semuanya itu buruk? Sebenarnya nggak juga sih, ada baiknya juga bulan ini bisa merubah orang yang tadinya nggak niat menjadi lebih niat. Dan kalau agan mau lebih teliti, sebenarnya ada beberapa hal unik yang bisa agan temui di bulan puasa loh, terutama di hari hari pertama puasa..
cekidot sob
1. MacetSebenarnya kalau macet sih ngga usah pas puasa juga macet dimana mana. Tapi keunikan di bulan puasa ini adalah orang orang pada buru buru pulang kerumah, pengen buka puasa di rumah bersama keluarga.
Nah yang bikin macet itu biasanya orang orang yang berburu takjil. Apalagi kalau tempatnya terkenal enak, murah, halal, dan dapatnya banyak. Wuihh pasti tuh diserbu pelanggan. Dan pastinya kalau bejubel pembeli pasti bikin macet deh.
2. Mesjid Masih Rame yang TarawihTarawih itu adalah wajib! Entah itu tua ataupun muda sudah pasti diwajibkan untuk ibadah salat Tarawih selama bulan puasa. Kalau agan perhatikan, kalau masih awal bulan biasanya barisan nya penuh sampai belakang, bahkan kadang luber luber sampai keluar mesjid.
Tapi kalau sudah hari hari akhir, barisannya semakin ke depan deh. Eitt, jangan suudzon dulu, kebanyakan dari mereka kan udah mulai pada pulang kampung, jadi yang rame adalah mesjid di daerah asal mereka.
Original Posted By nashiru ►
maaf gan sedikit koreksi yg poin 2, sholat tarawih itu bukan ibadah wajib tapi sunnah muakkad (sangat dianjurkan)..
jadi tetep ibadah sunnah yg apabila dikerjakan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak mendapat dosa, sedangkan kalau wajib kan dikerjakan mendapat pahala ditinggalkan mendapat dosa..
tapi kedudukan sunnah muakkad sendiri hampir mendekati wajib..
CMIIW
3. Menu Sahur dan Buka Puasa 4 Sehat 5 SempurnaIni juga biasanya terjadi, di awal awal puasa banyak loh yang menkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Maksudnya sih biar gizinya seimbang selama berpuasa.
Tapi lama kelamaan udah mulai melonggar seiring banyak puasa yang melonggar juga.. Ups! Eh tapi nggak boleh ya puasa longgar longggar gitu!
4. Solat 5 Waktu Berjamaah di MasjidKarena euforianya masih kentel banget, makanya banyak yang masih semangat untuk solat 5 waktu bareng-bareng, di masjid pula. Masih berapi-api gitu deh keinginan untuk menumpuk pahala. Tiap waktu solat dibela-belain ke mesjid biar makin gede pahalanya.
5. Semua Masih PuasaKecuali kaumm hawa yang masih dalam masa haid atau ibu menyusui, semua diwajibkan puasa. Waktu awal awal biasanya semangatnya masih membara. Seharusnya membara juga dong sampai akhir puasa bukannya pada males di akhir akhir puasa.
6. Belom Kesel Sama yang Keliling Bangunin SahurDi hari pertama puasa, pasti masih hepi aja sama yang keliling bangunin sahur, belom ada perasaan terganggu atau apa lah. Tapi lama kelamaan? Banyak juga yang merasa terganggu loh, padahal mereka harusnya tidak boleh merasa terganggu karena puasa kan wajib!
sekian sob thread dari ane, kalo ada yang mau menambahkan silahkan di share sob , sebelumnya selamat menunaikan ibadah puasa buat agan agan yang menjalankan semoga ibadah puasanya di terima sampai akhir , amin

Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

NO COMMENTS

Comments are closed.