Unik….Ternyata Sepeda Motor Ini Hasil Cetakan Printer 3D

Unik….Ternyata Sepeda Motor Ini Hasil Cetakan Printer 3D

23
0
SHARE

Sebuah perusahaan Amerika Serikat (AS) berhasil membuat sepeda motor pertama yang menggunakan printer 3D. Motor yang diproduksi oleh TE Connectivity ini diresmikan serta dipamerkan di Long Beach, California, AS.
Melansir Motorbikewriter, Kamis (4/6/2015), motor bergaya Harley-Davidson ini hanya membutuhkan ban, rem, beberapa kabel, bateral, spion, standar samping, baut, serta motor elektrik asli. Di luar itu, seluruh bagian motor dibuat dengan printer 3D.
Meskipun merupakan hasil cetakan printer, motor ini dapat menahan berat total hingga 181 Kg. Sebab merupakan pionir, tidak mengherankan motor ini hanya memiliki mesin dengan tenaga tidak lebih dari 1 Tk serta kecepakan maksimal dibawah 24 km/jam.
TE Connectivity mengklaim membutuhkan waktu 1.000 jam untuk merancang dan mencetak motor dengan biaya sekira US$ 25 ribu (Rp 330 juta, kurs: Rp 13.229/US$). Jumlah ini dapat dikurangi seaindainya pabrikan ini memiliki teknologi yang lebih memadai.
Sebagai informasi tambahan, cara kerja printer sebetulnya mirip dengan printer konvensional yang mencetak objek dengan layer. Bedanya, printer 3D tidak menggunakan tinta, tetapi plastik atau material lainnya, bahkan hingga logam.
Di dunia otomotif, printer 3D pernah beberapa kali digunakan, misalnya untuk membuat mobil listrik, prototipe mobil masa depan, hingga powertrain Toyota berskala kecil.
(rio/gst)


NO COMMENTS

Comments are closed.