Unik….Komputer yang Aman ini Cuman Sebesar micro-SD

Unik….Komputer yang Aman ini Cuman Sebesar micro-SD

13
0
SHARE

Data pada smartphone rentan diakses dan dicuri oleh peretas atau pihak lain yang tak bertanggung jawab. Bagaimana caranya membuat ponsel lebih aman tanpa mengubah proses produksi gadget yang selama ini telah berlangsung?
Solusi yang diajukan oleh Google adalah Project Vault, sebuah sistem komputer utuh yang dikemas dalam paket sebesar micro-SD dan bisa dipasang di slot kartu memori ponsel.
Diumumkan dalam ajang konferensi Google I/O 2015 yang berlangsung minggu lalu di San Francisco, AS, Project Vault sesungguhnya adalah komputer pintar yang melindungi informasi-informasi sensitif pada ponsel di mana ia terpasang.
Misalnya saja Project Vault mampu mengacak atau mengenkripsi pesan-pesan dari aplikasi instant messaging.
Ia turut dibekali dukungan NFC dan storage sebesar 64GB sebagai tempat menyimpan data yang aman. Komputer mungil ini ditenagai prosesor berbasi ARM yang menjalankan sistem operasi super aman bernama ARTOS.
Pendek kata, “Project Vault adalah brankas digital ponsel Anda,” kata kepala Grup Proyek dan Teknologi Tingkat Lanjut (ATAP) Google, Regina Dugan, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Cnet, Senin (1/6/2015). “Keamanan tingkat tinggi dalam kemasan kecil.”
Saat ini Project Vault sendiri masih berupa eksperimen yang sedang terus dikembangkan. Belum diketahui kapan ia akan mulai tersedia. 
Rencananya, Project Vault pertama-tama bakal dibuat untuk kalangan enterprise yang membutuhkan keamanan tingkat tinggi, baru kemudian menyusul untuk konsumen yang ingin mengamankan data dari intipan hacker.

NO COMMENTS

Comments are closed.