Ternyata Iran Punya Jembatan Gantung Tertinggi se-Timur Tengah…Ini nih Penampakannya…!!

Ternyata Iran Punya Jembatan Gantung Tertinggi se-Timur Tengah…Ini nih Penampakannya…!!

15
0
SHARE

Selama ini traveler jarang mendengar tentang destinasi wisata di negara Iran. Namun ternyata, Iran punya jembatan gantung tertinggi di Timur Tengah yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Seperti apa?
Berbagai situs berita lokal seperti Iran-daily, Mehr News, hingga Telegraph pun memberitakannya. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Senin (1/6/2015), jembatan ini memang layak menyandang sebagai jembatan suspensi tertinggi di kawasan Timur Tengah.
Jika biasanya Uni Emirat Arab yang menyandang gelar bangunan serba ter-, kali ini giliran Iran yang membuktikan diri sebagai negara yang juga punya kemampuan dalam merancang konstruksi bangunan yang serba besar. Pembuktiannya ya lewat Jembatan Meshkin-Shahr ini.
Jembatan gantung terbesar di Timur Tengah itu letaknya ada di Kota Meshkin-Shahr, Provinsi Ardabil, Iran. Pembangunannya memakan waktu 6 tahun, dan menelan biaya hingga USD 40 juta. Cukup lumrah, mengingat besar dan panjangnya jembatan ini. 
Membentang di atas sungai Khiavchai setinggi 345 meter, Jembatan Meshkin-Shahr punya ketinggian 80 meter dan lebar 3 meter. Jembatan ini pun seperti tidak ada saingannya di kawasan Timur Tengah. Wajar saja karena Iran punya kontur alam yang terdiri dari pegunungan dan lembah-lembah.
Rencananya, jembatan ini akan menjadi atraksi wisata untuk lebih menarik turis secara khusus untuk datang ke Provinsi Ardabil, dan juga negara Iran pada umumnya. Fasilitas pendukung pariwisata seperti hotel, kolam renang, spa, serta arena ski, berkendara kuda dan bersepeda mulai dibangun di area sekitar jembatan.
Persemian jembatan ini dilakukan oleh Masoud Soltanifar, Kepala Badan Warisan Budaya, Kerajinan Tangan, dan Pariwisata Iran pada Minggu (17/5). Diharapkan pembangunan jembatan ini akan mampu membantu menarik 20 Juta turis sesuai yang ditargetkan Pemerintah Iran setiap tahunnya.
Traveler yang penasaran bisa langsung menuju ke Kota Meshkin-Shahr, di dekat Pegunungan Sabalan untuk melihat jembatan indah ini. Anda tidak akan dipungut biaya apapun ketika melintas di atas jembatan. Jangan lupa juga untuk mengabadikan pemandangan dari atas jembatan yang sangat cantik dan tak terlupakan.

NO COMMENTS

Comments are closed.