Mereka Yang 'pertama' di Kabinet Kerja RI

[SEJARAH Banget] Mereka Yang 'pertama' di Kabinet Kerja RI

27
0
SHARE

Sebelumnya, ane cuma murni mau berbagi serba-serbi mengenai bapak dan ibu pejabat kita yang sekarang ini duduk dalam Kabinet Kerja periode 2014. Ane gak mau membahas unsur-unsur politik dan cuma mau berbagi fakta serba-serbi yang semoga bisa menambah wawasan.

Perhatian-perhatian

Kalo misalkan mau berdebat unsur-unsur dan kinerja bapak/ibu kita di kabinet, yuk kita ke forum berita dan politik…

Ane sangat mengharapkan tambahan informasi dari agan/wati sekalian dan sangat mengharapkan komentar-komentar yang auranya positif.


Pak Presiden:

Pak Jokowi adalah presiden Indonesia pertama yang dipilih secara langsung oleh rakat yang tidak pernah menjabat sebagai menteri atau wakil preisden dan tidak pernah menjadi petinggi militer NKRI.

Pak Wakil Preisden:

Pak Jusuf Kalla (Pak JK) adalah wakil presiden Indonesia pertama yang pernah (dan sedang) mengabdi kepada dua presiden yang berbeda, Pak SBY (2004-2009) dan Pak Jokowi (2014-sekarang).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman:

Pak Indroyono adalah orang Indonesia pertama yang menjabat posisi ini. Mengapa demikian? Pak Ali Sadikin adalah yang pertama menjabat posisi ini dan almarhum lahir pada tahun 1927 ketika Indonesia masih di bawah Belanda. Kemudian Pak Jatidjan juga pernah menjabat posisi ini dan almarhum pun juga lahir di ‘Hindia Belanda’. Posisi ini kemudian dialihkan ke Departemen/Kementerian Perhubungan dari Kabinet Ampera II hingga Kabinet Indonesia Bersatu II.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan:

Ibu Puan adalah menteri koordinator (Menko) perempuan pertama dalam sejarah Republik Indonesia sekaligus menko perempuan pertama dalam posisi ini. Cucu dari presiden pertama Soekarno ini ternyata menjadi menteri yang termuda dalam kabinet kali ini.

Menteri Luar Negeri:

Ibu Retno adalah menteri luar negeri perempuan pertama dalam sejarah Republik Indonesia.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia:

Tidak berlebihan jika di media sosial, orang Nias begitu bersuka cita, mengucapkan selamat dan kebanggaan. Maklum, Pak Yasonna adalah putra Nias pertama yang menjabat sebagai menteri, bahkan Pak Yasonna merupakan satu-satunya menteri dari Sumatera Utara.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah:

Pak Puspayoga adalah putra Bali pertama yang menjabat posisi ini.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak:

Bu Yohana adalah putri Papua pertama yang menjabat posisi ini. Beliau juga profesor perempuan pertama dari bumi Cenderawasih.

Menteri Kelautan dan Perikanan:

Bu Susi adalah Menteri Kelautan dan Perikanan prempuan pertama sejak kementrian ini diresmikan. Konon, Bu Susi juga menteri pertama yang riwayat pendidikannya hanya sampai ke jenjang SMP.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan:

Lagi-lagi, menteri perempuan pertama dalam posisi ini dipegang oleh Ibu Siti.

Kabinet Kerja:

1. Kabinet Kerja 2014 adalah kabinet Indonesia pertama dengan komposisi menteri perempuan terbanyak dalam sejarah Indonesia (berjumlah 8 menteri perempuan).
2. Kabinet Kerja merupakan kabinet pertama dengan komposisi menteri yang berasal dari kalangan profesional terbanyak semenjak reformasi atau pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid.
3. Kabinet Kerja di bawah pimpinan Presiden Jokowi dilantik, Presiden Jokowi meminta dress code batik untuk pelantikan menterinya. Tercatat sepanjang sejarah, baru pertama kali ini pelantikan kabinet menteri memakai dress code batik.
4. Pertama dalam sejarah. Dari 34 menteri di Kabinet Jokowi, tak satupun menteri yang berasal dari Golkar.
5. Juga pertama dalam sejarah, kabinet ini adalah tanpa ‘orang Batak’.

Sekian dulu gan informasinya, nanti kalau ada tambahan ane bakalan update lagi.

(sumber)

NO COMMENTS

Comments are closed.