Pusaran misterius ini muncul dan menelan perahu

Pusaran misterius ini muncul dan menelan perahu

29
0
SHARE


Sebuah pusaran misterius muncul di permukaan Danau Texoma, salah satu tempat penampungan air terbesar di Amerika Serikat. Pusaran di permukaan danau yang terletak di perbatasan Texas dan Oklahoma itu muncul dengan tiba-tiba, sehingga membuat warga sekitar bingung.
Dikutip Dream dari laman Daily Mail, Minggu 28 Juni 2015, pusaran ini muncul setelah air di Danau Texoma ini mengering, yang kemudian disusul oleh banjir. Militer AS menyatakan lubang pusaran itu berdiameter delapan kaki atau sekitar 2,4 meter. Bisa "menelan" perahu berukuran kecil.
Sebagian orang memang melihat fenomena ini sebagai pemandangan aneh. Namun sebenarnya secara ilmiah bisa dijelaskan secara gampang. Seperti yang disampaikan oleh wakil manajer pengelola danau, BJ Parkey.
<div style='float:left;margin:10px 10px 10px 0px;'><script async
src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!– link ads platechno 2 –>
<ins class="adsbygoogle"
style="display:inline-block;width:200px;height:90px"
data-ad-client="ca-pub-7098767497607404"
data-ad-slot="4264592399"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script></div>
"Sama seperti di rumah Anda, ketika Anda mengisi bak mandi penuh dengan air dan membuka saluran pembuangan, ini akan memunculkan pusaran air," kata Parkey.
Air dalam pusaran itu berputar membentuk seperti siklon. Pada bagian permukaan terlihat lebih lebar dari bagian dalam. Namun ternyata, ukuran pusaran air ini berubah-ubah, tergantung seberapa banyak volume air dana yang dibuang melalui saluran pembuangan.
"Pusaran berubah bentuk dan lebar, tergantung pengaturan pintu air dan ketinggian danau. Jika gerbang sepenuhnya terbuka, pusaran membesar. Pusaran telah menyusut jauh karena kami telah menyesuaikan pengaturan pintu pembuangan. Selama pintu pembuangan terbuka, maka akan ada pusaran dengan ukuran tertentu," demikian pernyataan dari The U.S. Army Corps of Engineers.
Ya, ternyata pusaran air itu terjadi secara alami dan secara umum terjadi ketika air berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain -seperti ketika air terkuras dari wastafel atau bak mandi. Namun, apakah pusaran itu menandakan ada lubang di bawahnya? Dan jika ada, bagaimana terbentuknya? Masih belum diteliti lebih lanjut.

Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

NO COMMENTS

Comments are closed.