Negara ini berpuasa 21 jam

Negara ini berpuasa 21 jam

35
0
SHARE

Akhir Mei hingga awal Juli merupakan masa bagi penduduk St Petersburg, Rusia, untuk menyalakan lampu sepanjang hari. Ini lantaran dalam kurun waktu tersebut matahari tidak pernah terbit.
Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi orang Islam di sana dalam menjalankan puasa. Mereka harus berpuasa selama 21-22 jam, sesuai petunjuk yang diberikan para otoritas Islam di sana.
"Di St Petersburg, kaum muslim memandang ini merupakan ujian. Mereka akan berpuasa selama 21-22 jam," ujar pekerja di Pusat Bimbingan Spiritual Muslim St Petersburg yang tidak bersedia disebut namanya, dikutip Dream.co.id dari theguardian.com, Jumat, 19 Juni 2015.
Tetapi, para muslim tidak menjadikan hal ini sebagai beban. Itu merupakan ujian untuk menguatkan keimanan mereka.
"Islam adalah jalan hidup. Bagi kami, puasa sana dengan bangun di pagi hari dan menggosok gigi," kata dia.
Seorang petugas administrasi pada sekolah setempat, Yelizaveta Izmailova mengatakan dia bersama keluarganya tetap melaksanakan puasa meski matahari tidak pernah terbit. Mereka mengandalkan jadwal yang diedarkan oleh pengelola masjid setempat.
"Bulan ini, waktu berbuka puasa sangat terlambat. Kami tidak makan atau minum sejak pukul 02.00 pagi hingga matahari terbenam pada pukul 22.00 WIB," kata dia.
Waktu senja menjadi lebih lama 30 menit pada bulan Juni. "Tentu saja ini merupakan beban berat bagi tubuh manusia, tapi setiap Muslim membuat pilihan sendiri secara sadar," kata dia.

NO COMMENTS

Comments are closed.