NASA Foto Jawa Timur Dari Langit, Malah Disangka Jepang

NASA Foto Jawa Timur Dari Langit, Malah Disangka Jepang

14
0
SHARE

Para traveler, pasti jago urusan geografi dan lokasi destinasi. Badan astronomi AS, NASA mengajak tebak-tebakan foto satelit. Orang-orang yakin itu foto Jepang, Yunani bahkan Hong Kong. Padahal jawabannya adalah Jawa Timur.
Setiap bulan, NASA melalui situs resminya membuat tebak-tebakan foto satelit. Pengunjung situs NASA diminta menebak ini foto destinasi di mana. Tidak ada hadiahnya memang, tapi untuk seru-seruan saja dan itu pun ramai komentar.
Seperti dilihat detikTravel dari situs NASA, Senin (1/6/2015) untuk bulan Mei kemarin mereka melansir tebak-tebakan bulanan bertajuk May Puzzler pada 26 Mei 2015 kemarin. Gambar yang harus ditebak adalah sebuah foto satelit Planet Bumi di malam hari, ada sebuah daratan memanjang ke bagian atas foto dengan lengkung Bumi di ujung atas foto.
Pertanyaannya adalah, “What part of the world we are looking at?” Nah, semua orang dipersilakan menggunakan kolom komentar untuk menjawab tebak-tebakan itu. Ternyata, reaksi orang-orang di seluruh dunia sungguh beragam.
“Itu Jepang, dilihat dari barat daya International Space Station. Kota yang sangat terang itu Osaka. Cahaya kecil sangat terang di atas kiri gambar adalah petir dari sebuah topan,” kata Kathy B dengan yakin
Fasolka Szpagatowa punya jawaban berbeda. “Ini Yunani, Kota Kalamata dan Teluk Messinia. Fotonya dibuat dari arah Utara ke Selatan,” kata dia.
Bahkan ada yang menebak ini adalah Hong Kong difoto ke arah selatan. Cahaya di sisi kiri adalah perahu nelayan, yang gelap di kanan adalah gunung, begitu kata user bernama James. Sedangkan Antfaber punya pendapat berbeda.
“Saya tebak ini Berlin. Yang gelap itu bekas Berlin Timur, yang terang bekas Berlin Barat,” kata dia.
Apa jawaban yang benar? Rupanya ada yang berhasil menjawab dengan tepat seperti John Radford.
“Ini Jawa Timur ke arah Surabaya sampai Bali dan pulau yang lebih jauh. Cahaya-cahaya di Laut Jawa itu kapal nelayan. Yang terang sendiri di atas foto sebelah kiri itu pasti Makassar. Cahaya putih di kiri itu mungkin petir di Sulawesi Barat. Semua lanskap ini adalah deretan gunung berapi,” kata dia dengan penjelasan komplit.
NASA pun memberikan jawabannya pada Sabtu (30/5) kemarin melalui kanal Image of The Day. Dengan judul foto Just Another Night Over Java, NASA menjelaskan ini adalah foto Jawa Timur. Foto diambil oleh astronot dari tim Expedition 42 di International Space Station.
Cahaya paling terang adalah Surabaya. Area gelap berbentuk lingkaran-lingkaran adalah jejeran gunung berapi Jawa Timur, dimana tidak ada banyak lampu di sana. Lampu di lautan adalah perahu nelayan, cahaya putih di sisi kiri foto adalah benar cahaya petir.
“Selamat untuk John Redford yang pertama menjawab benar tebakan ini,” kata NASA.

NO COMMENTS

Comments are closed.