Mampir Kesisni Yuk, Sebuah Negeri Tanpa 'pajak' di Karibia

Mampir Kesisni Yuk, Sebuah Negeri Tanpa 'pajak' di Karibia

15
0
SHARE

Menengok keindahan Cayman Islands (Kepulauan Cayman), negeri tanpa ‘pajak’ di Karibia

Cayman Islands itu apaan sih?
Bagi yang tidak suka travelling atau yang tidak suka geografi, mungkin banyak yang gak tahu di mana atau apa itu kepulauan Cayman.

Secara singkat, kepulauan Cayman adalah salah satu dari beberapa wilayah kekuasaan Inggris di seberang laut (British Overseas Territory) yang letaknya bertetanggan dengan Kuba, Jamaika dan Mexico. Dahulu, kepulauan Cayman adalah bagian dari Jamaika sampai Jamaika memperoleh kemerdekaan dari Inggris. Karena hasrat dan kesetiaan kepada ratu Inggris, akhirnya kepulauan Cayman tetap menjadi bagian dari kekuasaan Inggris Raya meskipun memiliki sistem pemerintahan dan sistem moneter sendiri.

Di jaman modern ini, kepualauan Cayman sering dikaitkan dengan Tax Haven country, Negara di mana tidak ada pajak penghasilan yang mengundang perusahaan2 raksasa dari seluruh pelosok dunia untuk mendirikan kantornya di kepulauan tersebut untuk menghindari pajak di Negara asal.

Mau tahu lebih banyak tentang kepulauan Cayman?:

Kepulauan Cayman sendiri terbagi menjadi 3 pulau:
Grand Cayman, Little Cayman dan Cayman Brac.
Nah, di sini ane cuma pengen bahas mengenai pulau Grand Cayman aja.

Berhubung ane gak jago fotografi, jadi foto2 di bawah ini ane ambil sendiri dengan kamera kuno, jadi kualitas yah apa adanya
Seperti apa sih pulaunya?

Orang Indonesia perlu visa gak kalo mau liburan ke pulau ini?
Sayangnya iya gan. Dan di Indonesia sendiri tidak ada perwakilan Cayman Islands, untuk persoalan visa, agan harus ke perwakilan inggris terdekat untuk memperoleh visa.

Gimana caranya mau ke pulau ini?
Sayangnya, tidak ada penerbangan langsung dari Indonesia menuju Cayman. Untuk mengunjungi pulau ini, sebenarnya ada beberapa rute:
1. Indonesia – Hong Kong atau Taiwan – Amerika Serikat – Cayman Islands.
2. Indonesia – UAE- Inggris – Cayman Islands.
Penerbangan langsung menuju Cayman didominasi oleh penerbangan langsung ke Amerika Serikat/Kanada.
Kapal pesiar pun berlabuh di pulau ini hamper setiap harinya, membawa lebih dari 1000 penumpang per kapal.

Dari Cayman, bisa ke mana aja gan?
Dari Grand Cayman, ada penerbangan langsung ke Kuba, Jamaika, Honduras, dan juga Panama. Cocok sekali untuk yang ingin berkeliling di daratan Amerika tengah. Sayangnya tidak ada budget airlines di kawasan ini. Bagi yang sudah pernah tinggal di Eropa akan sangat ‘merasakan’ perihnya membayar lebih dari 150 usd per penerbangan.

Aman gak sih tempatnya?
Grand Cayman termasuk salah satu pulau teraman dan ‘terkaya’ di kawasan Karibia. Tingkat kriminalitas di pulau ini bisa dibilang tergolong kecil, meskipun tindak kejahatan tetap ada.

(sumber)

NO COMMENTS

Comments are closed.