Makanan Asli Khas Indonesia. Tidak ada Di Negara Lain dan Bikin Kangen

Makanan Asli Khas Indonesia. Tidak ada Di Negara Lain dan Bikin Kangen

26
0
SHARE

Makanan Asli Indonesia
Dunia Nusantara.
Kalau disuruh milih tinggal di Indonesia atau di luar negeri, mungkin sebagian dari agan lebih milih tinggal di luar negeri. Alasannya bisa macam-macam, karena tinggal di luar negeri bebas polusi, udaranya dingin, lingkungannya bersih, nggak macet, bisa ketemu bule tiap hari. Tapi baru tinggal beberapa bulan, pasti agan udah pengen balik lagi ke Indonesia. Alasannya, karena rindu sama makanannya.
Karena nggak semua makanan Indonesia ada di luar negeri. Kayak makanan-makanan ini, yang cuma bisa agan dapetin di Indonesia.Arsik
Ada yang tau arsik engga? bukan gulai, bumbu khasnya bawang batak + andaliman. Bau rempahnya itu khas batak, tentunya bumbu nusantara.Sate
Sate memang banyak ditemui di pinggir jalan, dan sudah tidak asing lagi bagi semua kalangan. Dari pilihan daging atau ayam dengan rasa yg Enak jg Empuk dgn Bumbu kecap atau bumbu kacang,. hemm nyaammii,..Bakso Malang
Bakso Malang memang tiada duanya. Dengan kuah kental atau bening sesuai selera, siap menghangatkan perut yang sedang lapar. Ada pilihan mie sebagai pelengkap, di antaranya mie kuning, mie bihun, atau bahkan mie instan. Sedangkan sayur juga disediakan beragam, mulai dari kol, sawi, atau selada.
Uniknya lagi, Anda harus mencoba bakso bakar yang menjadi salah satu tradisi kota Malang. Diolah dengan cara membakar di atas arang dan disiram bumbu spesial, rasa bakso bakar ini sayang apabila dilewatkan.Soto Betawi
Soto Betawi sendiri tak seperti soto lainnya. Ia memiliki kuah kental berwarna putih kekuningan karena di dalamnya diwarnai dengan santan. Soal daging yang dipakai, soto betawi bisa disajikan dengan menggunakan daging sapi, kambing ataupun ayam. Dengan racikan yang dipenuhi dengan daun bawang dan bawang goreng, membuat lidah merasa dimanjakan. Jangan lupa, ada kerupuk emping yang tak boleh dilewatkan.Gado-gado
Ada yang menyebut gado-gado sebagai Javanese Salad. Entah datang dari mana nama tersebut, tetapi sebenarnya tidak salah juga karena gado-gado berisi campuran potongan sayuran seperti selada, wortel, kentang, jagung, bayam mentimun, tomat dan taoge. Ada pula potongan lontong, tempe dan tahu dan diakhiri dengan remahan kerupuk yang disiram dengan bumbu kacang.
Jakarta, terkenal dengan kota asal menu makanan yang kerap diincar oleh wisatawan asing ini. Mudah ditemukan dan diterima perut, gado-gado juga menu yang sehat karena potongan sayurannya.Gudeg
Jalan-jalan ke Jogja belum lengkap kalau belum mencicipi menu khas Jogja yaitu gudeg. Merupakan perpaduan sayur nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula merah, gudeg dilengkapi dengan aneka lauk lain saat disajikan. Seperti ayam goreng, tempe goreng, telur rebus hingga kerupuk kulit sapi.
Namanya juga menu Jogja, rasa masakannya cenderung manis dan legit. Dinikmati dengan nasi hangat, wah agan gak akan bisa menolak untuk menambah lagi, lagi dan lagi.Rawon
ni tiada duanya deh. Berasal dari Jawa Timur, menu ini mengandalkan dua bahan utama yaitu kluwek/keluwak/kluak dan daging sapi. Warna kuahnya menjadi hitam pekat akibat kluwek/keluwak/kluak tadi, namun rasanya tak sehitam penampilannya.
Menu yang asyik disantap dengan nasi hangat ini, menggunakan bahan bumbu lain yang cukup nendang seperti bawang merah, ketumbar, daun bawang, dan sereh.Opor Ayam
Berbahan dasar ayam, kentang, telur dan kuah bersantan, opor biasanya disajikan dengan ketupat di bulan Ramadan.
Kuahnya kental dengan taburan bawang merah goreng, dengan sentuhan rasa ketumbar, kunyit dan santan yang khas dan bikin kangen. Menu ini tiada duanya lho, selalu cocok di lidah disantap kapanpun.Pempek
Soal Pempek, Palembang adalah juaranya. Pempek ini menggunakan bahan dasar ikan yang diolah dengan tepung dengan aneka bentuk unik. Ada yang disebut kapal selam, ada yang disebut lenjer, dan umumnya disantap dengan kuah encer yang terbuat dari saus cuka dan gula.
Selain itu, ada tambahan mie dan acar di dalamnya yang membuat santapan pempek ini tidak membosankan dan beraneka rasa. Menunya saat bercampur di lidah sangat seimbang karena ada rasa gurih, manis, asam dan asin sekaligus.Rendang
Kalau Palembang punya pempek, Padang beken dengan menu Rendangnya.
Merupakan menu berbahan dasar daging yang diolah dengan aneka rempah seperti ketumbar, kunyit dan aneka bumbu dapur lainnya, menu satu ini kaya rasa dan sangat legit. Rasanya memang cenderung asin, dengan kuah pekat yang menempel karena bumbu yang digunakan banyak. Biasanya dagingnya lembut dan meninggalkan rasa lezat di lidah saat disantap dengan nasi hangat.Gorengan
Kalau soal gorengan, hampir di seluruh wilayah di Indonesia punya gorengan khas sendiri. Ada gorengan berbahan tempe yang disebut mendoan atau tempe menjes, ada pisang goreng, ketela goreng, ada pula heci atau disebut juga bakwan sayur.
Menikmati gorengan hangat ini beragam caranya, ada yang menggunakan sambal merah, ada pula yang menggunakan cabai hijau atau sambal petis, semua kembali ke selera masing-masing.Tahu Goreng
Agan akan merasa tertipu ketika beli toge goreng, kalau ternyata toge goreng itu bukan digoreng, tapi direbus. Biasanya di dalamnya ada tambahan ketupat, oncom, kucai, mi dan dimasak dengan tauco. Kalau makan toge goreng cocoknya di bawah pohon rindang, pas lagi hujan, terus ditemenin pacar. Romantis gimana gitu.Nasi Tutug Oncom
Yang orang Sunda mah pasti udah tau banget nasi tutug oncom. Yap, nasi tutug oncom itu nasi yang dicampur oncom, terus dibungkus daun pisang dan dibakar. Jangan ditanya rasanya gimana, nyium baunya aja udah bikin nafsu. Nafsu buat makan. Lebih enak lagi, kalau makan nasi tutug oncom ditambah ayam goreng, tempe, tahu, sambel terasi. BeeeuuuhLumpia Basah
Lumpia basah ah ah ah, makanan asal Semarang yang rasanya ngangenin. Lebih kangen daripada ke mantan. Saking kangennya, agan rela pergi bolak-balik Jakarta-Semarang-Jakarta cuma buat makan lumpia basah. Tapi nggak segitunya juga, karena di daerah-daerah lain juga udah banyak yang jualan lumpia basah. Yah.. Walaupun nggak selezat lumpia basah yang ada di Semarang sih.Semur Jengkol
Fyi, semur itu berasal dari kata Belanda yaitu semoor, yang artinya masakan daging yang direbus dengan tomat, dan bawang putih. Tapi di Indonesia ada banyak variasi semur, dari semur daging, semur tahu, semur telor, dan nggak kalah enak semur jengkol. Walaupun bau tapi kalau dimakan sama nasi uduk sambal kacang, dan kerupuk bikin ketagihan. Apalagi dijadiin hidangan buka puasa. Beuh~Papeda
Papeda makanan khas Maluku yang terbuat dari sagu. Teksturnya mirip kayak lem tapi rasanya tawar. Biar tambah enak, makannya pakai kuah kuning dan ikan bakar.Gulai Otak Padang
Siapa yang nggak suka makan nasi Padang? Biar nikmat makannya harus pakai tangan jangan pakai sendok! Yang beda dari tempat makan lainnya, warung nasi Padang ngejual gulai otak sapi! Yang pasti gulai otak cuma ada di Indonesia, nggak ada di luar negeri. Karena bule nggak doyan makan jeroan. Kalaupun ada bule yang doyan makan otak, itu adalah Zombie.Keumamah
Masakan khas Aceh, favorit sepanjang masa. Pake ikan Kayu, terus ditumis tapi rada beda sama tumis biasa, lebih berasa.. Ada pedesnya, ada asemnya karena pake cabe rawit sama asam sunti (belimbing yg dikeringin). Bisa dimasak kering, bisa juga agak berkuah. Di Jepang juga banyak ikan Kayu tapi ga ada yg masakin untuk Keumamah. Enak banget sama nasi panas. Ga perlu lauk lain deh. Ada yg pernah makan?Nasi Goreng
Mungkin sobat sudah merasakan enaknya nasi goreng kan,. Apalagi resep Nasi Goreng dengan hasil buatan yang spesial namun pembuatannya yang terbilang cukup mudah dan bisa sobat tersedap mania lakukan dirumah. Bahkan komunitas penggemar nasi goreng Indonesia, salah satu menu masakan khas Indonesia… … yang enak dengan perpaduan bahan-bahan menu lain dicampurannya, seperti seafood, ikan, ayam, daging, petay, dan lainnya.
Menurut agan, makanan apa lagi yang cuma ada di Indonesia, atau bikin kangen sama Indonesia? bisikin ya sob,..

Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

NO COMMENTS

Comments are closed.