Ini dia sejarah bakso

Ini dia sejarah bakso

23
0
SHARE


Siapa yang tidak menyukai makanan bakso, makanan yang mudah sekali di temukan ini merupakan makanan yang hampir semua orang menyukainya baik kalangan berada ataupun kalangan menengah kebawah. Bahkan presiden Amerika serikat saat ini, Obama, pernah menyatakan menyukai bakso.
Bakso identik dengan daging berbentuk bulat serta mie dalam sebuah mangkung berisi air dengan rasa yang khas. Dapat dikatakan bahwa makanan paling merakyat yan ada di Indonesia adalah Bakso, bagaimana menurut anda? Tapi pernah kah anda tahu bahwa sebenarnya bakso bukanlah makanan yang berasal di Indonesia ?
Sebenarnya, bakso telah ada pada abad ke-17 tepatnya dimulai dari cina di daerah Fuzhou. Pada saat itu , bakso yang diciptakan oleh pria bernama Meng Bo menjadi makanan yang di sukai oleh banyak orang. Namun terciptanya ini tidaklah semulus hasilnya.
Awal dibalik terciptanyanya bakso sangatlah mengharukan dan juga membuat merinding. Di kisahkan pada masa itu Meng Bo memiliki seorang ibu yang sudah tua dan sedang sakit-sakitan. Meng bo merupakan anak yang penurut dan begitu sayang dengan orang tua. Karena ibunya sudah renta maka beliau tidak bisa memakan makanan yang keras lagi padahal ibunya sangat menyukai makan daging.
Hal itu itulah yang menjadi beban pikiran tersendiri bagi Meng bo bagaiamana caranya agar ibunya yang telah tua masih dapat menikmati daging yang ia sukai. Bahkan Meng bo memikirkan hingga semalaman hanya untuk membuat ibunya merasa bahagia lagi.
Sebuah kejadian mencatatkan sejarahpun telah di mulai ketika ia secara tidak sengaja melihat tetangganya yang sedang menumbuk beras ketan untuk membuat kue Mocchi. Melihat hal itu, Meng Bo penasaran bagaimana jika daging tersebut di tumbuk layaknya beras ketan tersebut. AKhirnya ia mencobanya dan membuatnya seperti bulatan-bulatan dan kemudian ia merebusnya. Dan Akhirnya terciptalah Bakso.
Tentu saja, Meng bo merasa senang sekali bisa melihat ibunya dapat menikmati daging kembali, begitu juga dengan ibunya yang masih dapat menikmati makanan kesukaannnya yang tidak lagi keras. Kisah ini bagaikan viral pada masa itu dan menyebar dengan cepat bagaikan virus di kota Fuzhou. Dari hal itulah banyak yang menemui Meng bo untuk di ajarkan cara membuat bakso.
Dari hal tersebut dapat di ambil sebuah kisah kehidupan yang menghrukan dari seorang anak yang selalu mengupayakan segala sesuatu demi menyenangkan hati ibunya yang telah tua sebaiknya kita juga dapat mencoba menyenangkan orang tua kita seperti halnya Meng bo terlebih ini merupakan bulan yang penuh berkah, bulan ramadhan.
Tapi Mengapa dinamakan bakso ya?
Mungkin anda bertanya dalam hati, dan mungkin anda sedikit akan merasa kaget ketika mendengar arti sebenarnya dari bakso ini. Bakso terdiri dari 2 suku kata yaitu BAK dan SO, Bak artinya adalah Babi sedangan So artinya sup, jadi bakso pertama kali di ciptakan di negeri Cina sebenarnya adalah sup yang berisi daging babi. Tapi berbeda dengan Indonesia ya, karena orang Indonesia yang mayoritas adalah seorang muslim jadi bakso mengikuti kultur dan budaya Indonesia oleh sebab itu daging bakso menggunakan daging sapi.
Itulah kisah yang mengharukan dari seorang anak yang menyanyangi ibunya sehingga terciptalah makanan yang merakyat yaitu bakso

Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

NO COMMENTS

Comments are closed.