Format Angka Ini Berbeda Dengan Yang Ada Di Indonesia

Format Angka Ini Berbeda Dengan Yang Ada Di Indonesia

23
0
SHARE

Format Angka di Luar Negeri Berbeda dengan di Indonesia

PEMBUKAAN

Kehidupan kita tidak bisa dilepaskan dari yang namanya angka. Kita selalu berurusan dengan yang namanya angka. Entah itu mungkin jarak perjalanan, waktu tempuh, ongkos perjalanan, harga barang, dan sebagainya. Tahukah agan jika format penulisan angka di beberapa negara berbeda dengan yang dipakai di Indonesia?

Format Penulisan Angka:

Secara umum, ada 2 jenis format penulisan angka yang dipakai di dunia ini. Pertama, format angka seperti yang dipakai di Indonesia di mana koma digunakan untuk memisahkan desimal. Kedua, format angka di mana titik digunakan untuk memisahkan desimal. Format ini umumnya digunakan di luar negeri seperti Amerika Serikat. Untuk menyatakan bilangan dua ratus sembilan puluh ribu seratus tujuh puluh lima koma delapan nol, seorang anak sekolah di Indonesia akan menuliskan 290.175,80sementara anak sekolah di Amerika Serikat akan menulis 290,175.80 yang dibacanya sebagai two hundred ninety thousand one hundred seventy five point eight zero.

Sistem Penulisan Angka India:

 

Secara umum, koma/titik digunakan untuk mengelompokkan 3 angka. Namun, India memiliki sistem penulisan angka yang unik di mana pengelompokan angka dilakukan setiap 2 angka. Namun, ini baru berlaku untuk bilangan mulai dari 100 ribu. Untuk menuliskan seratus ribu dengan cara India, mereka tidak menulisnya sebagai “100,000” melainkan “1,00,000”. Seratus juta di India ditulis sebagai “10,00,00,000” ketimbang “100,000,000”. India memiliki istilah untuk bilangan besar yaitu lakh(setara seratus ribu) dan crore(setara sepuluh juta). Jadi, seratus ribu di India adalah satu lakh dan seratus juta di India adalah sepuluh crore.

(sumber)

NO COMMENTS

Comments are closed.