Awas Hati Hati ada Juga Whatsapp Biru Palsu!

Awas Hati Hati ada Juga Whatsapp Biru Palsu!

30
0
SHARE



Dengan basis pengguna lebih dari 800 juta orang, WhatsApp jadi sasaran empuk kejahatan cyber. Versi tiruan aplikasi messaging ini beredar, salah satunya WhatsApp berwarna biru.

Anda harus berhati-hati, karena aplikasi ini sejatinya adalah scam yang berniat mencuri data kontak di ponsel. Nomor kontak ini nantinya bakal disalahgunakan oleh pelaku kejahatan cyber. 

Seperti dikutip detikINET dari News Softpedia,  jika dilihat sekilas modus kejahatan yang disematkan dalam aplikasi ini memang bisa mengecoh karena cukup meyakinkan. 

Pertama, korban akan diarahkan ke sebuah halaman yang memintanya memasukkan nomor ponsel pribadi. Aplikasi tersebut kemudian akan menampilkan proses verifikasi nomor. 

Untuk lebih meyakinkan pengguna, proses verifikasi dibuat dalam beberapa proses tahapan seperti pada aplikasi sungguhan. Korban bahkan diminta untuk mengundang teman lainnya untuk menggunakan aplikasi ini, atau menyelesaikan survei online yang tentu saja bohong belaka.

Saat dicoba, aplikasi ini tidak bisa mengirimkan pesan. Pengguna pun sudah masuk dalam perangkap karena mereka tanpa sadar sudah mempersilakan aplikasi jahat itu mengakses daftar kontak di ponsel. 

Kemungkinan besar, pelaku kejahatan akan menjual nomor ponsel yang dikumpulkannya, tak terkecuali data pribadi si pengguna ponsel ke para pengiklan. Jadi, hati-hati!

(rns/fyk)

(sumber)‬

Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

NO COMMENTS

Comments are closed.