Asyik…..'Monorel` Jabodetabek Sebentar Lagi Terwujud

Asyik…..'Monorel` Jabodetabek Sebentar Lagi Terwujud

16
0
SHARE

Mimpi moda transportasi monorel di Tanah Air sebentar lagi terwujud. Pemerintah memastikan Keputusan Presiden (Keppres) terkait pembangunan monorel jenis Light Rail Transit (LRT) di wilayah Jabodetabek akan segera terbit.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno usai Rapat Koordinasi (Rakor) di Kementerian Koodinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu 3 Juni 2015 memastikan semua pihak yang terlibat pada prinsipnya menyetujui pembangunan LRT.
“Secepatnya, tinggal ada satu dua hal yang mau difinalisasi berkaitan dengan pembangunan stasiun,” ujar Rini.
Menurut Rini, rencana pembangunan stasiun kemungkinan akan mengalami sedikit perubahan. Rancangan yang sudah dibuat saat ini dianggap dapat mengganggu lingkungan lantaran melintasi jalur hijau DKI Jakarta.
Namun, Rini yakin pembangunan LRT akan berjalan mulus berkat persetujuan dari semua pemangku kepentingan.
“Yang penting dalam pembangunan LRT ini disetujui semua pihak dari Walikota Bogor, Gubernur Jawa Barat dan Gubernur DKI Jakarta,” tambahnya.
Terkait anggaran pembangunan LRT, Rini menjelaskan, hingga saat ini belum ada rencana pemberian subsidi. Seluruh pembiayaan pembangunan moda transportasi terbaru ini akan ditanggung BUMN.
“Kami akan melakukan pembahasan right issue mengenai modal LRT dalam satu bulan ke depan,” tutur Rini.
Lebih jauh, pemerintah berharap akan ada pinjaman jangka panjang untuk menambah modal pembangunan. “Totalnya kalau nggak salah untuk right issue Rp 3 triliun,” ungkapnya.
Dengan modal tersebut pemerintah pembangunan LRT akan segera rampung. Secepatnya masyarakat Jabodetabek akan menikmati transportasi umum yang rencana mengenakan tarif Rp 1000 per kilometer.

NO COMMENTS

Comments are closed.