Apa BAHAYA nya Minum Banyak Air Saat Bangun Pagi?

Apa BAHAYA nya Minum Banyak Air Saat Bangun Pagi?

13
0
SHARE

Ada banyak mitos yang berkembang di masyarakat tentang gaya hidup sehat dengan memanfaatkan air putih. Salah satunya soal minum air putih sebanyak-banyaknya saat bangun pagi untuk menyehatkan fungsi ginjal.

Padahal, menurut Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Parlindungan Siregar, pemahaman ini merupakan hal yang keliru dan bisa membahayakan kesehatan.

Menurut Parlindungan, konsumsi air yang berlebihan di pagi hari justru bisa membebani kerja ginjal. Sebab kemampuan pengeluaran urine oleh ginjal normal maksimal hanya 600 mililiter per jam.

“Anjuran minum air sebanyak-banyaknya di pagi hari sangat membahayakan. Segelas air saja sudah cukup karena kemampuan pengeluaran urine oleh ginjal normal itu hanya 600 mililiter per jam,” kata Parlindungan di Jakarta, Kamis (12/3).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, asupan air yang berlebihan melebihi kemampuan pengeluaran urine oleh ginjal akan menyebabkan penurunan osmolalitas cairan ekstrasel, yaitu terjadinya hiponatremia atau kadar natrium darah yang rendah.
“Minum air itu kapan saja baik, tidak hanya ketika bangun pagi. Untuk orang-orang dengan kondisi ginjal yang normal, dianjurkan mengasup cairan sebesar 2.000 mililiter per 24 jam.

Tapi minumnya juga harus bertahap, tidak boleh langsung lebih dari satu liter,” kata konsultan ginjal dan hipertensi di RSCM Jakarta tersebut.

Sumber  (etawakususukambing.blogspot.com)

Ini Bahaya Terlalu Banyak Minum Air
Air berperan penting untuk tubuh. Tapi, kelebihan air dapat membahayakan tubuh.

Air merupakan senyawa yang penting untuk kebutuhan hidup. Manusia tidak bisa hidup tanpa mengandalkan air. Dalam senyawa kimia, air dirumuskan dengan H2O.

Prof. DR. dr. Parlindungan Siregar, Sp. PD-KGH atau biasa dipnggil dr. Parlin mengatakan kebutuhan setiap individu dipengaruhi faktor umur, gender, dan aktifitas. Selaku pembicara di acara talkshow Kesehatan Ginjal untuk Semua di JW Marriott Hotel, Jakarta, dia mengatakan untuk memenuhi asupan cairan tubuh, tidak boleh meminum air secara berlebihan.

Dia menjelaskan air yang dikonsumsi secara berlebihan dapat membahayakan tubuh, bahkan pengkonsumsi dapat kehilangan nyawanya. Jika tubuh kelebihan cairan, tubuh akan kehilangan natrium dan zat garam yang dikeluarkan dari keringat, urin, nafas, dan uap.

Pada kasus ini, dr. Parlin memaparkan orang yang kelebihan cairan di tubuhnya akan mengalami kejang-kejang dan pingsan. Oleh karena itu, asupan cairan tubuh harus dsesuaikan dengan kebutuhan setiap individu.

Pada orang yang sehat dan aktif, mereka membutuhkan asupan air setidaknya dua liter sehari. Untuk usia lanjut dianjurkan minimal satu liter dan maksimal 1,5 liter. Sedangkan untuk pelari maraton asupan air yang mereka butuhkan sebanyak 1,5 liter per jam.

Penderita batu ginjal dianjurkan minum air sebanyak tiga liter per hari. “Minum seperlunya, jangan terlalu banyak,” saran Parlin, Kamis (12/3).

harus lebih hati2 dlm menjaga kesehatan..

(sumber)

NO COMMENTS

Comments are closed.