8
0
SHARE

http://3.bp.blogspot.com/-uILL2VVZ10A/VWtCEkfQ2WI/AAAAAAAAI-s/Kk3slYL8aUw/s1600/Lima%2BSebab%2BAllah%2BMenurunkan%2BAdzab%2BPada%2BManusia.jpg

Adzab adalah salah satu peringatan yang datang dari Allah, tapi tahukah kita mengenai lima sebab Allah menurunkan adzab kepada manusia yang menjadi penghuni di alam semesta yang Ia buat? Allah SWT tidak akan pernah melakukan sesuatu kecuali ada alasan di balik semua itu, hal yang sama juga terjadi kepada adzab, dimana tentu saja akan ada alasan kenapa Allah SWT melakukan hal-hal itu semua. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai alasan-alasan yang melatar belakangi penurunan adzab langsung dari Allah SWT.

Belakangan ini kita ketahui bahwa ternyata Indonesia sedang mengalami adzab yang silih berganti seperti misalnya peristiwa tumpahan lumpur Lapindo yang entah kapan akan berhenti, gempa bumi di berbagai macam tempat, hingga yang cukup baru adalah bagaimana pesawat dari sebuah badan penerbangan lokal jatuh di daerah laut dan menewaskan banyak orang. Kita juga jangan lupa tentang tsunami yang pernah melanda serambi Mekkah kita, yaitu Nanggro Aceh Darussalam beberapa tahun yang lalu. Tidak hanya di Indonesia, ternyata saudara kita di Nepal juga beberapa saat yang lalu menerima bencana yang luar biasa menakutkan yaitu sebuah gempa besar yang menghancurkan hampir seluruh rumah dan tempat tinggal di sana.
Musibah yang datang dari Allah sebaiknya tidak membuat kita patah semangat dan jadi membenci Allah SWT karena memberikan kita sesuatu yang tidak menyenangkan, tapi sebaiknya kita malah harus berterima kasih karena Allah SWT telah mengingatkan kita bahwa apa yang kita miliki tidak ada apa-apanya dibandingkan kekuatan luar biasa yang dipunyai oleh Allah SWT. Itu juga sebagai peringatan bagi kita bahwa betatapun kita mencoba, kita hanyalah makhluk yang hanya bisa membuat rencana dan Allah lah yang memberi ketetapan.
Lima sebab Allah menurunkan adzab kepada manusia yang menempati dunia yang Ia ciptakan tercatat dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Hakim dan Ibnu Majah, dimana hadits ini dinilai sebagai sebuah hadits yang sudah shahih statusnya. Isi dari hadits tersebut adalah bagaimana Umar bin Khattab yang berkata mengenai sabda dari Nabi Muhammad Rasulullah SAW. Sabda tersebut adalah mengenai lima hal yang akan membuat Allah SWT memberikan kepada umat Islam adzab atau musibah. Daftar lima hal tersebut adalah seperti yang tertulis di bawah ini:
• Zina yang bebas
Ketika zina mulai secara bebas tersebar di sebuah masyarakat, maka Allah SWT akan menurunkan adzab berupa sebuah penyakit yang sebelumnya tidak ada pada generasi lalu.
• Timbangan yang tidak betul
Ketika seseorang yang berjual beli mengurangi timbangan mereka, maka niscaya mereka akan diserang dengan masa paceklik dan akan hidup dalam kondisi yang sulit.
• Tidak membayar zakat
Mereka yang tidak membayar zakat akan ditahan dari mereka hujan.
• Melanggar janji dengan Allah
Saat seseorang melanggar janji yang telah dibuat kepada Allah SWT dan RasulNya, Allah akan membuat musuh dari orang itu mengambil sebagian dari apa yang mereka miliki.
• Pemimpin tidak menganut Al-Qur’an
Allah akan menimbulkan permusuhan di tanah tersebut kecuali pemimpin mereka berpegang pada Al-Qur’an.
Dengan artikel ini yang mengacu kepada sebuah hadits shahih, kita diharapkan sekarang sudah mengetahui dengan jelas dan tepat apa-apa saja yang menjadi lima sebab Allah menurunkan adzab.

(sumber)

NO COMMENTS

Comments are closed.