6 Benda Tak Ternilai Yang Pernah Di Curi Di Beberapa Negara

6 Benda Tak Ternilai Yang Pernah Di Curi Di Beberapa Negara

35
0
SHARE

Inilah 6 Benda Tak Ternilai Yang Pernah Di Curi Di Beberapa Negara
Benda-benda berharga yang memiliki nilai tinggi dan berharga sangat mahal selalu mengundang pencuri untuk mengambilnya. Benda-benda tersebut bisa berupa lukisan karya seorang pelukis dunia, atau karya seni lainnya.

Seperti benda benda berikut ini, 6 benda tak ternilai yang pernah dicuri :

1. Lukisan The Scream

The Scream adalah salah satu lukisan termahal di dunia, The Scream yang berjudul asli The Scream of Nature ini adalah karya seorang pelukis ekspresionis Edvarn Munch yang dibuat antara tahun 1883 – 1910. Lukisan The Scream diyakini terinspirasi oleh kondisi cuaca di Eropa pada saat letusan gunung krakatau di indonesia. Letusan gunung krakatau sendiri memang sangat dahsyat dan berdampak ke benua eropa.

Lukisan yang menggambarkan seseorang sedang terkejut itu dihargai sebesar 119,9 juta dolar. Tak heran jika menarik perhatian pencuri. Pada tahun 2004, lukisan The Scream dicuri dari Munch Museum di Oslo, Norwegia oleh beberapa perampok bersenjata bertopeng hitam.

Lukisan The Scream kembali lagi setelah 2 tahun 9 hari dicuri, namun bagaimana proses ditemukannya lukisan The Scream tidak diketahui oleh masayarakat umum.

2.Monalisa

 
Lukisan Monalisa bisa jadi merupakan lukisan paling terkenal diseluruh dunia. Lukisan karya Leonardo Davinci yang menggambarkan seorang istri ini disebut mengundang begitu banyak spekulasi.

Lukisan monalisa tentu saja sangat tak ternilai, sehingga banyak yang ingin mencurinya. Pada tanggal 21 agustus tahun 1911 lukisan Monalisa dicuri dari Musem Louvre, pelaku pencuriannya adalah Vicenzo Peruggia. Pencurian lukisan monalisa tergolong sangat rapih karena dilakukan pada saat museum tutup dan Vicenzo Peruggia sendiri adalah seorang pembuat kotak kaca yang disewa oleh museum tersebut.

3.Sepatu Ruby The Wizard Of OZ

 
Sepatu unik yang diberi nama ruby slippers ini adalah properti dari film The Wizard of Oz yang tayang pada tahun 1939. Film tersebut sangat laris dan sukses. Kesuksesan film tersebut membuat sepatu Rubi menjadi sesuatu yang sangat berharga dan langka karena hanya terdapat 6 pasang. Sepatu rubi dihargai oleh seorang kolektor senilai 612.000 dollar dan sepasang lainnya akan dilelang dengan harga 2 juta dollar.

Satu dari sekian sepatu rubi ini pernah dicuri pada tahun 2005 dan setelah ditemukan kembali kondisinya sangat mengenaskan.

4.Patung Saliera

Patung saliera terbuat dari emas, patung berukuran 10 inci. Saliera dibuat oleh seniman besar pada abad ke -16 yang bernama Benvenuto Cellini. Patung ini sangat berharga dan disebut-sebut setara dengan lukisan monalisa.

Patung Saliera pernah dicuri dari sebuah museum di Wina pada tahun 2003. Beberapa tahun setelah hilang dicuri, pelaku pencurian mencoba bernegosiasi dengan perusahaan asuransi museum untuk tebusan patung Saliera, namun sebelum mendapatkan tebusan dia tertangkap dan patung saliera dikembalikan ketempatnya semula.

5.Biola Davidoff-Morini Stardivarius

Biola Davidoff-Morini Stardivarius adalah biola yang dibuat oleh masetro pembuat biola, Antonio Stradivari pada tahun 1727. Stradivari dikneal menghasilkan biola-biola yang bermutu tinggi. Sebuah biola karya Stadivari dihargai jutaan dollar, dan biola Davidoff-Morini Stardivarius ini mempunyai harga 3,5 juta dollar amerika.

Biola tersebut pernah dicuri pada tahun 1995, dicuri dari apartemen pemain biola terkenal Erica Morini di New York. Pencurian ini masuk kedalam FBI Top Ten Art Crime List.

Pencurian biola ini cukup aneh karena sampai sekarang tidak pernah terdengar ada usaha untuk menjual biola Strafivari secara illegal meskipun harganya sangat tinggi. Biola Davidoff-Morini Stardivarius sampai kini tidak diketahui keberadaannya.

6.Kerangka Dinosaurus

 
Kerangka hewan zaman purbakala ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, hal itu juga yang membuat kerangka ini tidak luput dari pencurian.Kerangka dinosaurus itu dicuri oleh Eric Prokopi dari Florida. Frokopi mencuri kerangka dinosaurus senilai lebih dari 1 juta dollar dari mongolia.

Namun pada saat Frokopi hendak menjual salah satu kerangka dinosaurus tersebut dia tertangkap oleh pihak berwajib dan menerima hukuman penjara selama 3 bulan.

(sumber)

NO COMMENTS

Comments are closed.