4 Suka Duka Menjadi Operator Warnet

4 Suka Duka Menjadi Operator Warnet

17
0
SHARE

Operator warnet merupakan salah satu kerjaan yang dekat akan berbagai makian dan pujian. Tidak mudah menjadi operator warnet karena setiap saat kalian harus siap menerima komplain dari user karena suatu hal yang mungkin bukan menjadi salah kita. Operator warnet juga dituntut menjadi pekerja yang profesional yang harus siap juga melayani user dan menjadi teknisi untuk membetulkan segala sesuatu yang error.

Sebagian besar mungkin meremehkan pekerjaan operator warnet. Padahal disamping kerjaanyna yang duduk manis mengawasi layar monitor, terdapat suka duka penjaga warnet yang tidak kita ketahui. So, apa aja suka duka penjaga warnet yang tidak kita tahu? Berikut adalah pengalamannya:

Suka

1. Internet gratis sepanjang hari
Ini hal yang pertama asiknya jadi Op warnet. Ya, kita bisa sepanjang hari internetan gratis sesuka hati kita. Youtube, Facebook, Twitter, apa saja bebas kita jelajahi atau bahkan mendownload film (jika koneksi internet cepat). Udah bisa internetan gratis di bayar pula.

2. Belajar komputer
Ini keuntungan kedua menjadi operator warnet. Jika kita termasuk orang yang serba ingin tahu, dengan mendalkan pekerjaan kita sebagai OP warnet, kita bisa belajar apapun dari internet. Ya, selain bisa internetan gratis kita juga bisa sekalian belajar-belajar tentang ilmu computer. Why? Karena setidaknya faktor kebiasaan kita selalu bersetubuh berhubungan dengan komputer akan menjadikan kita lebih terbiasa mengoperasikan komputer.

Hal tersebut tentunya bisa menambah pengetahuan kita tentang ilmu komputer yang mungkin selama ini belum diketahui. Apalagi kita harus siap memperbaiki jika ada sesuatu yang rusak. Operator warnet yang belajar sendiri dengan kemauan tinggi bisa lebih handal dari pada teknisi komputer yang belajar di sekolah kursus. Jadi ahli komputer ditempat kerja? Kenapa tidak? Jika tidak mengerti apa apa tentang komputer? Wassalam.

3. Menambah teman atau pergaulan
Menjadi seorang operator warnet secara tidak langsung juga bisa menambah teman. Sederhananya, jika kita telah memiliki pelanggan tetap yang sering main ke warnet kita, pastinya kita harus menjaga hubungan agar si pelanggan tersebut secara berkelanjutan main ke tempat kita. Maka dari itu, dalam menjalin hubungan tersebut setidaknya kita harus tahu nama, tinggal, atau apalah.

Dengan seperti itu, kamu sudah mendapatkan teman baru. Apalagi kalo pelanggannya cewek. Yaa.., setidaknya bisa nanya no hp-nya, atau FaceBook-nya gitu. Barangkali bisa.. asik bukan?

4. Ikut bermain game atau bergabung bersama clan
Ini asiknya lagi jika kita pandai bermain suatu game yang cukup populer. Operator warnet juga bisa menjadi lahan untuk membuat nama kita menjadi melejit. Jika kalian operator warnet game center, hal ini bisa menjadi peluang kalian. Permainan MMORPG yang mengharuskan kita mempunyai karakter dengan level tinggi dan equip sakti menjadi pekerjaan mudah bagi operator warnet yang bisa seharian didepan komputer. Jika hal ini sudah terwujud kalian bisa membentuk klan dan mengumpulkan personil.

Jika sudah begini, kalian bisa mengumpulkan personil yang tidak lain juga adalah anggota warnet tersebut. Hal ini bisa menambah keakraban para pelanggan warnet apalagi jika clan tersebut mempunyai reputasi.

Duka

1. Gaji dibawah UMK
Ini adalah kesedihan pertama dari operator warnet. Rata-rata operator mempunyai gaji dibawah UMK. Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan warnet yang bisa kita gunakan (kompor, air minum, internet gratis) gaji para operator warnet tergolong kecil dan pas-pasan. Untuk bertahan hidup saja mereka sampai harus irit dan makan indomi ditempat kerja (cukup mengenaskan). Selain gaji yang dibawah UMK, kadang sang bos juga menunda gaji kita yang sudah jatuh tempo.

Alhasil kita telat membayar kontrakan, ataupun uang kuliah. Ga gampang menjadi operator warnet, bagi kalian yang sering memaki operator warnet, wajib tahu hal ini.

2. User tak tahu diri
“Woi lag woi”. “Ini kompi kenapa kok ngelag?”. “Mas-mas, tolongin donk print ini print itu eh jangan deh ini satu aja, ga jadi deh ini kotor”, dsb. User memang merupakan raja, tapi jika menghadapi raja yang cerewet? Bukan main sabar. Sabar dalam menghadapi user yang cerewet, nyinyir, sok tahu, atau yang kerjaannya complain molo. Hhhmmm.., bagi kamu yang pernah jadi operator warnet, atau mungkin sekarang ini bekerja menjadi operator warnet pasti tahu rasanya gimana. Nyebelin juga kadang-kadang.

Apalagi jika user tersebut sampai tidak tahu diri. Udah tahu internet komputer mati dari operator (bukan kemauan warnet) pastinya operator yang disalahkan bahkan ada yang sampai memaki. Tidak jarang hal ini membuat kita harus sampai mengelus dada.

3. Ngantuk adalah musuh utama
Ini dia musuh utama para operator warnet “NGANTUK”. Seharian duduk mantengin layar komputer pasti buete abis dan yak mata mulai menutup tik tok, dan… ngantuuk. Yang namanya mata kalo udah ngantuk, pasti dalam pikiran kita yang ada hanya satu, yaitu membayangkan tubuh ini berbaring di kasur yang mpuk. Wew, hal ini bagi saya merupakan hal yang kadang-kadang terasa susah, apalagi kalau kerjanya shift malam. Aduhh.., pedes rasanya nih mata mau tidur.

Pintar-pintarlah mengatur kondisi badan kita. Tidur yang cukup sebelum bekerja dan isilah kegiatan kalian dalam menjaga warnet dengan kegiatan yang menyenangkan. Maka ngantuk ini akan selalu pergi jauuh.

4. Harus siap dengan sakit
Sakit merupakan hal yang rentan bagi para operator warnet. Bagaimana tidak? Dalam tugasnya menjaga warnet, sang operator harus dituntut profesional. Jika gaji pada akhir bulan kita sekarat, mau tidak mau kita harus memakan makanan yang tidak sehat seperti mie instant pakai nasi. sore ketemu mie instant lagi aahh mau beli makanan di warteg duit uda nipis. Sabar-sabaar sakit bodo amat yang penting bisa makan. Situasi ini bisa lebih parah jika kita dapat double shift andaikan teman operator warnet kita tidak bisa hadir lantaran sakit. Bisa dibayangkan betapa pegal dan capeknya badan.

Nah ini dia suka duka menjadi operator warnet. Inget nih bagi kalian yang suka main diwarnet. Operator warnet juga manusia, bukan robot yang selalu ada untuk mengontrol kalian bermain dan bisa segalanya jika ada sesuatu yang rusak. Hargailah operator warnet karena mereka juga teman kita.

(sumber)

NO COMMENTS

Comments are closed.