Tanpa Lem dan Kerangka, Jembatan Kertas ini Tak Runtuh Walau Dipijak

[WOW] Tanpa Lem dan Kerangka, Jembatan Kertas ini Tak Runtuh Walau Dipijak

16
0
SHARE

Jembatan berwarna merah ini benar-benar terbuat dari kertas. Dan hebatnya, jembatan lengkung ini tak akan runtuh meskipun dilewati.
Dilansir situs Amusing Planet, jembatan ini didirikan di atas sungai kecil di Lake District National Park of Cumbria, Inggris. Kreatornya adalah Steve Messam, seorang seniman lokal.
Messam tak menggunakan lem, kerangka, atau paku. Yang ia butuhkan untuk menjadikan jembatan kertas ini kokoh hanya kompresi dan prinsip fisika sederhana. Sebanyak 22.000 lembar kertas disatukan degan presisi luar biasa, hingga begitu rapat sampai bisa dipijak tiga orang sekaligus.
Jika terkena air jembatan ini tak akan roboh, justru semakin kuat. Kertas akan menyerap air dan memuai, menjadikan celah di antara masing-masing lembaran semakin sempit. Prinsip serupa digunakan untuk membangun struktur-struktur megah dalam sejarah seperti piramida dan candi.
Sayangnya, jembatan unik ini tidak akan berdiri untuk selamanya. Jembatan lengkung ini hanya proyek temporer dinas pariwisata Lakes Culture.
Dalam sepuluh hari, jembatan yang dibuat dengan susah payah ini dibongkar kembali. Sementara kertas-kertas yang digunakan untuk membuatnya dikembalikan ke pabrik agar bisa didaur ulang.

NO COMMENTS

Comments are closed.