Wanita Ini Bisa Lihat Wajah Kakaknya yang Meninggal 3 Tahun Lalu

Wanita Ini Bisa Lihat Wajah Kakaknya yang Meninggal 3 Tahun Lalu

6
0
SHARE

Tiga tahun lalu Ribka Aversano dan keluarganya setuju untuk menyumbangkan wajah Joshua 21, kakaknya yang tewas ditabrak sebuah van di sebuah persimpangan jalan di Amerika Serikat kepada dunia kesehatan.
Dan pada Minggu, untuk pertama kalinya, Ribka diperkenankan bertemu dengan orang yang menerima dan memakai wajah kakaknya dalam sebuah acara televisi Australia.
Pria pemakai wajah Joshua tersebut adalah Richard Norris, 39, yang sebelumnya menderita kerusakan wajah parah setelah sengaja menembak dirinya sendiri. Richard menjalani transplantasi wajah yang mengubah hidupnya pada 2012.
Pertemuan Ribka dan ‘Joshua’ tersebut direkam dan ditayangkan selama 60 menit, Minggu, 24 Mei 2015 di Channel 9 Australia.
“Apakah kau keberatan jika saya menyentuhnya?” tanya Ribka pada Norris sambil meraih wajahnya. Setelah memenuhi permintaannya, Norris tampak syok dan melangkah mundur sambil berkata: “Ini adalah wajah yang tumbuh bersama saya.”
Ibu Ribka, Gwen Aversano, mengatakan kepada CTV News di Kanada bahwa keluarga bahagia karena kematian tragis anaknya dapat membantu orang lain. “Kami pasti bisa melihat anak kami pada dirinya (Norris),” kata Ribka.
Norris sendiri sebelumnya harus hidup sebagai pertapa di Hillsville, Virginia, karena luka-luka yang diderita pada wajahnya selama 15 tahun sebelum operasi. Dia dilaporkan sengaja menembak dirinya sendiri di 1997 saat berusia 22 tahun. Yang menyebabkan kehancuran pada hidung, tulang pipi, bibir, gigi dan rahang.
Setelah bertahun-tahun melakukan cangkok kulit, Dr Eduardo Rodriguez melakukan transplantasi wajah selama 36-jam dengan tim ahli bedah dari Universitas Maryland, membuat pasiennya menjadi buah bibir dunia dalam semalam.
Norris dilaporkan bisa meninggal selama operasi, ketika dokter bedah mengangkat semua cangkok kulit sebelumnya dan meninggalkan hanya bagian lidah dan seputar wilayah mata sebelum memasang wajah baru.
Dr Rodriguez mengatakan bahwa meskipun Norris memiliki wajah orang lain (Joshua), tetapi wajah itu adalah perpaduan dari dua insan. Namun Norris mengatakan pada media GQ tahun lalu: “Ketika saya melihat di cermin, saya melihat Richard Norris.”

NO COMMENTS

Comments are closed.