Setelah 100 Tahun, Ramalan Thomas Alva Edison Ini Jadi Nyata

Setelah 100 Tahun, Ramalan Thomas Alva Edison Ini Jadi Nyata

8
0
SHARE

Thomas Alva Edison merupakan salah satu penemu yang namanya begitu populer karena berhasil menciptakan alat yang spektakuler. Sebut saja yang paling terkenal adalah bola lampu listrik, kamera film, pembangkit listrik arus searah dan masih banyak lagi. Pria yang lahir pada  11 Februari 1847 di Milan, Ohio, USA ini, pernah meramalkan tentang perkembangan teknologi masa depan. Tepatnya pada 1911, Thomas Alva Edison diwawancarai oleh Miami Metropolis, dan diminta memprediksi bagaimana kondisi sekitar 100 tahun ke depan. Setelah satu abad, beberapa yang diramalkan Edison terbukti benar. Berikut ramalan sang penemu yang sudah menjadi kenyataan.

1. Kematian Mesin Uap
Pada wawancara tahun 1911, Edison memprediksi bahwa seratus tahun lagi mesin uap bakal mengalami kematian. Menurutnya, mesin uap nantinya bakal digantikan dengan teknolgi dari listrik yang luar biasa. Pada masanya, Mesin uap digunakan dalam pompa, lokomotif dan kapal laut, dan sangat penting dalam Revolusi Industri.

Benar saja, bahkan sebelum 100 tahun sejak 1911, dunia sudah mulai meninggalkan mesin uap dan mulai beralih kepada tenaga listrik. Misalnya dalam dunia lokomotif yang sudah meninggalkan mesini uap sejak 1960. Saat ini sebagian besar kereta api diesel sudah menggunakan sistem transmisi hidrolik.

2. Penerbangan Komersial bakal Menjadi Hal Umum
Selain mesin uap, teknologi yang juga diprediksi terus berkembang adalah pesawat terbang. Menurut Edison nantinya pesawat bakal terbang di udara, lebih cepat dari camar. Dengan kecepatan dua ratus kilometer per jam dan mesin kolosal, penumpang sanggup sarapan di London dan bertransaksi bisnis di Paris dan makan siang di Cheapside. Memang, pada tahun 1911 pesawat terbang masih dalam bentuk yang paling sederhana. Pada awal pesawat terbang diciptakan tahun 1903, kondisinya hanya cukup untuk satu orang, sedangkan tahun 1910, bentuknya masih sangat sederhana dibanding dengan saat ini.

Benarkah ramalan Edison? Ya, para musafir saat ini mungkin bakal menertawakan perputaran bumi yang begitu lambat dengan pesawat terbang. Kini dengan teknologi mutakhir, jarak antar negara menjadi lebih dekat karena ditempuh dengan kecepatan 804-904 km/jam. Alat transportasi ini kini menjadi Penerbangan Komersial dan menjadi hal umum. Semua orang dari berbagai kalangan juga sanggup menikmatinya dan bukan lagi menjadi kebutuhan mewah.

3. Buku Magis bakal Berisi Seluruh Isi Encyclopedia Britannica
Edison meramalkan, buku abad mendatang dicetak dari daun nikel, begitu ringan hingga pembaca sanggup menikmati perpustakaan kecil dalam satu volume. Buku setebal inci ini berisi 40 ribu halaman, setara seratus volume dan cukup memuat isi Encyclopedia Britannica. Masing-masing volume memiliki berat kurang dari satu pon (setengah kg).

Kita saat ini punya beberapa perangkat yang mampu menampung seluruh isi perpustakaan. Jika Anda mengikuti pameran CES baru-baru ini, ada banyak perangkat itu disana.

4. Besi Secara Umum Digunakan Dalam Konstruksi Rumah
Menurut Edison, rumah di abad berikutnya bakal dilengkapi loteng besi. Bayi di abad 20 bakal menggunakan kerancang buaian baja, ayah duduk di kursi besi di meja besi dan kamar kerja ibu mewah dilengkapi perabotan besi.

Kita saat ini sudah menggunakan banyak besi. Konsumsi besi tumbuh 3,3% selama abad 20 dan kini mendekati 800 juta ton. Hal ini sering digunakan untuk konstruksi, dan mendukung struktur.

NO COMMENTS

Comments are closed.