Perkenalkan….Robot Terbang Rusia Bernama T-50, Canggih Banget Bro….!!

Perkenalkan….Robot Terbang Rusia Bernama T-50, Canggih Banget Bro….!!

13
0
SHARE

Rusia melakukan serangkaian uji terbang pesawat tempur generasi kelima T-50. Dibanding jet tempur Rusia lainnya, T-50 tidak ubahnya robot terbang.
Vladimir Mikheev, pansehat untuk wakil ketua Radioelectronic Technologies Concern (KRET), mengatakan aslinya pesawat generasi baru ini bernama Sukhoi PAK FA, tapi entah mengapa banyak orang lebih suka menyebutnya T-50.
Di kokpit T-50, penerbang bukan lagi-lagi satunya pilot pesawat tapi hanya salah satu konstituen dari perangkat terbang. “Artinya, reaksi penerbang adalah bagian dari kontrol loop,” ujar Makheev seperti dikutip Russia Today.
Menurut Makheev, inovasi lain yang digunakan di T-50 adalah ‘panel pintar’. Sayap, misalnya, tidak hanya memiliki satu fungsi, yaitu sebagai sayap, tapi juga bagian dari sistem pertahanan aktif Himalaya.
KRET, bagian dari BUMN Rostech Corporation, menghasilkan sistem Himalaya pada Oktober tahun lalu. Sistem ini unik, terdiri dari radaf pasif dan aktif, serta pengukur jarak optik yang terintegrasi ke tubuh pesawat dan bertindak sebagai kulit pintar.
Kegunaannya, meningkatkan perlindungan pesawat terhadap jamming dan survival, melakukan counter, dan menghilang dari radar pesawat lawan.
T-50 diyakini memiliki kemampuan siluman yang paling maju, meninggalkan generasi kelimat F22 Raptor buatan Lockheed.
“T-50 kini berada di depan. Tidak hanya di antara semua pesawat Rusia, tapi juga pesawat asing,” kata Makheev kepada kantor berita Sputnik. “Visibilitas F-22 adalah 0,3 sampai 0-4 meter persegi. T-50 antara 0,1 dan 1 meter persegi.”
Siluman tingkat tinggi dicapai dengan memindahkan semua persenjataan di dalam jet tempur, dan mendesain ulang bentuk saluran intake udara yang dilapisi bahan penyerap gelombang radio.
Menurut KRET, T-50 akan menjada pesawat Rusia pertama yang dibuat dari proporsi tinggi material komposit; membentuk25 persen massa pesawta dan menutupi 70 persen permukaannya.
T-50 direncanakan akan menggantikan Sukhoi Su-27 dan MiG 29 generasi keempat. Keduanya beroperasi sejak 1985 dam 1983.
Lima T-50 sedang diproduksi. Tiga lainnya sedang dibangun di fasilitas Sukhoi di Komsomolsk-on-amur di timur jauh Rusia.
Vladislav Goncharenko, wakil direktur Departemen Pesawat Tempur Rusia, mengatakan AU Rusia berencana membeli 55 unit T-50 antara 2016 sampai 2020.

NO COMMENTS

Comments are closed.