Penasaran Seperti Apa Foto Dengan Resolusi Tertinggi di Bumi? Ini Dia

Penasaran Seperti Apa Foto Dengan Resolusi Tertinggi di Bumi? Ini Dia

12
0
SHARE

“Setinggi-tingginya resolusi, kualitas potret kamera bersensor full frame akan jauh mengalahkan tipe crop,” begitulah komentar para ahli terkait kompetisi ‘megapixel‘ di device. Tentu saja resolusi tetap merupakan faktor krusial dalam bidang fotografi digital. Semakin besar, gambar terlihat kian detail. Penasarankah Anda seperti apa foto dengan resolusi tertinggi di dunia?

Ucapkan terimakasih pada fotografer berkebangsaan Itali bernama Filippo Blengini. Dalam sebuah proyek ambisius bernama in2white, ia sukses menciptakan foto panorama paling besar yang pernah dibuat manusia. Objeknya sendiri adalah puncak teratas di Eropa, berada di urutan 11 dunia, yaitu gunung Mont Blanc. Memang seberapa tinggi resolusinya? ‘Hanya’ 365-gigapixel atau 365.000-megapixel.

Proses pengambilannya tidak mudah. Dibantu Alessandra Bacchilega, Blengini pertama-tama lebih dulu menghimpun tim fotografer yang mempunyai semangat sama. Lalu mereka mendaki hingga ketinggian 3.500 meter dan harus menahan dinginnya suhu, mencapai -10 derajat Celcius. Buat merampungkan in2white, tim memanfaatkan kamera Canon 70D DSLR, lensa Canon EF 400mm f/2.8 II, Canon Extender 2X III ditambah mounting robotik. Mereka menjepret sebanyak 70.000 kali, menghabiskan waktu selama 35 jam.

Hasilnya ialah satu potret epik berukuran raksasa. Jika dicetak di 300dpi, ia bisa menutup lapangan sepak bola. “Keanggunan mengagumkan dari sang ‘raksasa putih’ terlalu megah untuk dijelaskan dengan kata-kata ataupun gambar. Anda harus ada di sana demi merasakannya. Tapi buat sekarang, Anda dapat mencicipi dan menjelajahi Mont Blanc dengan foto panorama terbesar di Bumi,” tutur Filippo Blengini dan kawan-kawan.

Proyek tersebut sebenarnya dilakukan tahun lalu, namun proses finishing-nya juga tak kalah memakan waktu. Tim memerlukan dua bulan demi menyatukan data sebanyak 46 terabyte, dibantu peralatan high-end dan sponsor kenamaan. Begitu detailnya foto ini, bangunan di bukit berbatu (dengan panel surya) tampak jelas. Dan saya membutuhkan 15 menit untuk menemukan para pendaki gunung.

Ingin segara menjajalnya? Tinggal kunjungi website in2white. Tidak ada syarat apapun, navigasi dapat dilakukan via drag mouse, kemudian tombol zoom in dan zoom out berada di kanan bawah. Butuh tur pribadi atau petunjuk objek-objek menarik? Silakan klik tombol merah di sebelah kiri.

 
Sedikit tantangan ringan buat Anda: coba cari pendaki sebanyak-banyaknya. Saya jamin, menilik foto in2white akan mengabiskan banyak waktu Anda.

Potret panorama karya Filippo Blengini mengalahkan foto BT Tower London di 320-gigapixel, tapi masih di belakang gambar bulan punya NASA, diambil dari Lunar Reconnaissance Orbiter. Namun ia sudah berada di luar Bumi.

contoh ane zoom/crop sendiri

perhatikan lingkaran warna kuning gan

setelah dizoom/crop

dizoom/crop lagi gan

(sumber)

NO COMMENTS

Comments are closed.