Mengungkap Misteri Mengapa Ada Batu Akik yang Bisa Digunakan di Layar Ponsel

Mengungkap Misteri Mengapa Ada Batu Akik yang Bisa Digunakan di Layar Ponsel

6
0
SHARE

Tak semua batu akik atau batu mulia bisa digunakan di layar ponsel. Hanya ada beberapa batu yang bisa dipakai di layar touch screen. Batu yang bisa digunakan di layar ponsel merespons sentuhan seperti halnya jari antara lain batu Bacan dan batu badar besi. Anda tak percaya? Silakan coba.
Bagi mereka yang menggemari batu akik pasti tak akan heran dengan kemampuan batu bacan saat digunakan di layar ponsel. Layar merespons sentuhan batu Bacan, karena kekhasannya ini mereka yang membeli bacan banyak menjadikannya sebagai alat menguji keaslian batu.
Menurut geolog yang juga ahli batu mulia, Ir Sujatmiko, Kamis (28/5/2015) soal batu yang bisa digunakan menggores ke layar HP itu memang masih tanda tanya.
“Ya ini masih misterius. Batu bacan itu kan namanya chrysocolla batu dari oksida tembaga, lalu apakah unsur itu yang membuat bisa touch screen, masih dicari tahu. Selain itu ada juga bahan mangan,” terang Sujatmiko.
Menurut dia, memang tidak semua batu tidak dipakai di layar HP. Bacan itu menurut dia bila dilihat dengan alat mikroskopis di dalamnya ada gelembung-gelembung bundar berwarna kebiruan, dan ada rambut serta serat.
Bahan tembaga oksida ditambah kuarsa, mangan, dan silika membuat batu itu menjadi padat.
“Kalau badar besi itu bisa pakai touch screen karena mungkin dia mengandung besi dan magnet, ada unsur tembaga dan mangan juga. Ini mungkin unsur mangan yang membuat batu bisa digunakan di HP layar sentuh,” terang dia.
Sujatmiko sendiri tidak percaya kalau batu mengandung energi-energi sehingga bisa batu seperti tangan manusia bisa digunakan di layar sentuh. Dia percaya karena ada bahan penyusun bebatuan itu.
“Jangan percaya-percaya begituan lah soal energi, nanti jadi musyrik,” tutup dia.

NO COMMENTS

Comments are closed.