Manfaat dan Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi pada Hari Jumat

Manfaat dan Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi pada Hari Jumat

13
0
SHARE

Kitab suci Al-Qur’an merupakan Qalam Allah SWT yang memiliki bahasa begitu tinggi dan tidak diragukan kebenarannya. Setiap ayat yang disampai melalui malaikat Jibril terhadap Nabi Muhammad SAW memiliki pesan mendalam dan makna yang sanggup diterima oleh akal. Setiap surat-surat-Nya memiliki keagungan, manfaat dan keutamaan tersendiri. Salah satunya adalah surat Al Kahfi yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan, terlebih jika surat ini dibaca pada Hari Jumat.

Surat Al Kahfi atau juga dinamakan Ashabul Kahf merupakan surat golongan Makkiyah atau yang diturunkan di Kota Mekkah. Surah ini terdiri atas 110 ayat dan bercerita tentang beberapa orang pemuda yang tidur dalam gua bertahun-tahun lamanya. Selain itu terdapat pula beberapa buah cerita dalam surat ini yang semuanya mengandung pelajaran-pelajaran yang amat berguna bagi kehidupan manusia.

Terdapat beberapa hadist yang mengungkapkan tentang keutamaan dan manfaat pada surat ini.  Pertama manusia yang membaca Al-Kahfi pada Hari Jumat akan terhindar dari fitnah Dajjal. Sosok kejam yang bakal keluar pada akhir zaman ini nantinya bakal membuat kerusakan di bumi dan menebarkan fitnah kepada setiap umat Islam. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa dengan rajin membaca surat ini pada hari jumat maka bakal terhindar dari fitnah tersebut.

“Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak sanggup memudharatkannya,” (HR-Dailami).

“Siapa yang membaca dari Surah Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi,” (HR Ahmad).

Manfaat kedua dari membaca Al Kahfi pada hari Jumat  adalah mendapat pengampunan dosa diantara dua Jumat. Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda, Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah SAW bersabda.

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka bakal memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, bakal meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

Orang yang membaca Surah Al Kahfi pada Hari Jumat juga bakal mendapat pancaran cahaya diri.

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (HR Al-Hakim)

Manfaat lain yang diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah  Bin Mughaffal dinamakankan bahwa Rumah yang dibacakan surah al-Khafi dan al Baqarah tidak bakal dimasuki setan sepanjang malam itu.

Sunnah membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at atau pada hari Jum’atnya, dan malam Jum’at diawali sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’atnya.  .

Imam Al-Syafi’i rahimahullah dalam Al-Umm menyatakan bahwa membaca surat Al-Kahfi sanggup dilakukan pada malam Jum’at dan siangnya berdasarkan riwayat tentangnya (Al-Umm, Imam al-Syafi’i: 1/237).

Mengenai hal ini, Al-Hafidzh Ibnul Hajar rahimahullah mengungkapkan dalam Amali-nya :Demikian riwayat-riwayat yang ada menggunakan kata “hari” atau “malam” Jum’at. Maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud “hari” termasuk malamnya. Demikian pula sebaliknya “malam” adalah malam Jum’at dan siangnya.

DR. Muhammad Bakar Isma’il dalam Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah menyebutkan bahwa diantara amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jum’at adalah membaca surat Al-Kahfi berdasarkan hadist diatas. (Al-Fiqhul Wadhih minal Kitab was Sunnah.

Demikianlah Manfaat dan Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi pada Hari Jumat. Betapa banyak orang lalai dari amalan yang satu ini dan memilih mengerjakan tindakan yang merugi. Semoga kita yang mengetahui dapat mengalamkan, serta mencintai seluruh surat-surat Al-Quran yang memiliki keutamaan dan masnfaat masing-masing. Terimakasih sudah membaca.

NO COMMENTS

Comments are closed.