Lima Aplikasi untuk Melacak Laptop yang Hilang

Lima Aplikasi untuk Melacak Laptop yang Hilang

19
0
SHARE

Laptop menjadi salah satu barang berharga karena menyimpan data-data penting di dalamnya. sanggup dibayangkan bagaimana paniknya seseorang kehilangan benda ini. Pemiliknya pasti sangat khawatir  karena data yang tersimpan terkadang tidak di backup.

Sebenarnya ada aplikasi yang sanggup membantu seseorang melacak keberadaan komputer jinjing yang hilang ini. Namun belum begitu familiar dan tidak tidak mengerti cara penggunaannya. Dengan aplikasi-aplikasi ini, anda sanggup melacak, mengunci dan mencegah akses sang pencuri ke laptop. Bila laptop Anda memiliki banyak file penting, Anda dapat mempertimbangkan untuk memasang aplikasi ini pada laptop.

1. Prey
Prey merupakan aplikasi pelacak laptop yang tersedia untuk Windows, Mac OSX, Linux dan lainnya.  Prey bekerja melalui kontrol panel website sehingga anda sanggup melihat lokasi laptop dengan jelas.

Dengan control panel yang terhubung internet inilah seseorang sanggup mengatur kondisi laptopnya dari jarak jauh. Mulai dari menandainya sebagai laptop yang hilang, mengunci laptop sehingga pencuri tidak sanggup membuka data, menyalakan alarm dan melacak posisi melalui GPS.  Bahkan anda sanggup mengambil gambar candid dari orang yang mengambil laptop tersebut.

Untuk tiga fitur pada aplikasi ini, sanggup didapatan secara gratis. Namun jika ingin menambah fitur lainnya, anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp.65.000 setiap bulannya. 

2. Find My Mac
Find My Mac merupakan aplikasi yang tersedia untuk Apple. Perangat ini memungkinkan Anda untuk melacak perangkat yang hilang menggunakan iCloud. Meski fiturnya tidak sebanya Prey, namun Find My Mac efektif untuk melacak keberadaan laptop dan sanggup didownload secara gratis.

Untuk menggunakan menu ini, anda cukup memilih menu ‘System Preference’, kemudian iCloud dan centang kotak pada keterangan Find My Mac. Selain melacak posisi Laptop, aplikasi ini juga berfungsi mengunci laptop sehingga pencuri tidak sanggup mengaksesnya.  Selain Laptop, Find My Mac bahkan dapat digunakan untuk perangkat Apple lainnya.

3.  LockItTight
LockItTight juga memiliki fungsi serupa, yakni melacak keberadaan Laptop yang hilang.  Anda juga sanggup memata-matai kegiatan si pencuri dan mengambil gambarnya serta  dapat melihat situs website yang dibuka.
Perangkat ini sanggup berjalan pada laptop berbasis Windows. Anda sanggup mendownloadnya secara Cuma-Cuma dan menikmati lima fitur gratis. Namun jika ingin fitur lebih, maka harus membayar sekitar Rp 26 ribu per bulan.

4. Lojack For Laptop
Perangkat ini awalnya digunakan untuk mobil, namun kini selain meluas dan sanggup dipakai pada laptop, smartphone dan tablet. Selain menemukan lokasi, Lojack For Laptop juga sanggup mengunci laptop sehingga tidak sanggup digunakan oleh pencuri.

Menariknya jika perangkat ini gagal menemukan laptop yang dicuri dalam jangka waktu 60 hari, maka pihak perusahaan bakal mengganti rugi hingga US$ 1.000 atau sekitar Rp 13 juta. Aplikasi ini berbayar dan dikenakan biaya Rp.198.000 per satu tahun.

5.  Undercover
Sama dengan perangkat lainnya, Undercover juga digunakan sebagai keamanan laptop. Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk Mac dan memiliki fitur tambahan untuk keamanan lainnya. Undercover memiliki fitur yang dapat melihat kegiatan si pencuri laptop Anda secara real-time. Namun, dari empat aplikasi lainnya, Undercover termasuk yang paling mahal yakni dari US$ 49 atau sekitar Rp 637 ribu.

Jika laptop anda penuh dengan file-file penting, maka ada baiknya anda mulai mempertimbangkan aplikasi keamanan ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.

NO COMMENTS

Comments are closed.