Kurang Ajar! Cowok Ini Jual Foto Instagram Orang Lain Seharga 1 Milyar!

Kurang Ajar! Cowok Ini Jual Foto Instagram Orang Lain Seharga 1 Milyar!

13
0
SHARE

93883_Pameran-foto-Richard-Prince-710x434
Saat ini, seperti yang dapat kita lihat dan rasakan sendiri, bahwa kebebasan seseorang untuk dapat memberikan opini atau berekspresi semakin terbuka luas. Ditambah lagi dengan kehadiran banyaknya akun sosial media seperti Facebook, Twitter, Path, dan Instagram. Namun, rasanya, kini kebebasan tersebut justru malah berbuah kewaspadaan karena hal yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu, seolah-olah kita tidak memiliki privasi lagi.
Seperti yang dilakukan oleh salah satu seniman asal New York, Amerika Serikat bernama Richard Prince yang baru-baru ini mengadakan pameran foto. Namun yang menjadi kontroversi ialah, foto yang ia pamerkan Frieze Art Fair, New York, ini merupakan foto-foto yang ia ambil dari akun Instagram milik orang lain. Richard mengambil sekitar 37 foto hasil posting-an orang lain di akun Instagram milik mereka, lalu mencetaknya dalam ukuran besar.
Parahnya, sebelum melakukan pameran, ia tidak bertanya ataupun meminta izin terlebih dahulu kepada para pemilik foto tersebut untuk memamerkan foto milik mereka. Bahkan, Richard berhasil menjual salah satu foto di pamerannya seharga US$ 90.000 atau sekitar 1,1 milyar Rupian tanpa izin dari pemilik asli foto tersebut.

043986800_1432616295-instagram

Salah seorang pemilik foto dari akun Instagram yang dipamerkan oleh Richard adalah seorang wanita bernama Doe Deere. Ia mengatakan bahwa ia mengetahui foto hasil karyanya dipajang melalui teman-temannya yang melihat pameran tersebut. Kemudian, Doe mem-posting salah satu foto miliknya yang dipajang dengan menulis; bahwa foto yang dipajang oleh Richard merupakan hasil screenshot, dan ia tidak memberikan izin kepada Richard untuk menggunakan foto miliknya di pameran tersebut. Pemilik akun @doedeere ini juga mengatakan bahwa ia diberitahu kalau foto miliknya tersebut telah dijual dengan harga US$ 90.000.
Waah, sepertinya mulai sekarang kita harus lebih berhati-hati dan memberikan tanda hak cipta pada foto atau gambar yang kita upload di sosial media ya.

(sumber)

NO COMMENTS

Comments are closed.