KENAPA TIDAK LULUS PSIKOTES? JANGAN SAMPAI ANDA TIDAK TAHU KIAT INI

KENAPA TIDAK LULUS PSIKOTES? JANGAN SAMPAI ANDA TIDAK TAHU KIAT INI

8
0
SHARE

Buat Pelamar Kerja, Anda Bisa Gagal Psikotes Jika Tak Tahu Ini

Untuk pencari kerja, ada beberapa hal yang kelihatannya sepele tapi dampaknya bisa membuat Anda gagal dalam psikotes, khususnya. Apa saja itu?

Pertama-tama, perlu diingat baik-baik, para ahli dan pakar psikologi membuat psikotes adalah salah satu tujuannya untuk menggambarkan kepribadian dari seseorang.

Hal ini dikaitkan ketika seseorang mencari pekerjaan, maka diadakanlah test psikotes yang bisa dijadikan salah satu tolak ukur untuk menilai kemampuan tertentu dalam sebuah pekerjaan seperti ketelitian, kreativitas dan sejenisnya.

Pengertian psikotes adalah sebuah bentuk tes yang digunakan dalam rangka mengukur aspek-aspek individu secara psikis, khususnya adalah kecenderungan perilaku (tingkah laku).

Bentuk tes psikotes ini biasanya secara tertulis namun dalam beberapa tes ada juga yang bersifat verbal atau pun visual.

Dapat dicontohkan di sini evaluasi yang teradministrasi untuk mengukur fungsi tertentu.

Paling umum yang dilakukan adalah mengenai kognitif (Intelligence atau IQ), dan afektif (personality atau emosional seseorang).

Untuk bisa lulus ujian psikotes maka perlu tips menghadapi psikotes dengan baik dan benar, karena dengan kita mengetahui akan trik dan kiat hadapi psikotes dengan baik maka harapan kita untuk bisa lolos akan semakin besar.

Berikut ini, beberapa kiat hadapi psikotes:

Anda harus yakin terlebih dulu

Yakin bahwa posisi atau pekerjaan yang akan dimasuki lewat psikotes itu benar-benar sesuai dengan kemampuan anda, dan sebaiknya juga sesuai dengan keinginan Anda.

Tahu tempat test

Disarankan beberapa hari sebelum test, anda sudah mengetahui dan melihat tempatnya.

Baca lagi surat lamaran dan CV Anda

Karena ada beberapa test yang menanyakan hal-hal yang terkait dengan surat lamaran dan CV Anda.

Jangan sampai jawabannya berbeda dengan CV Anda.Ada baiknya sebelum melakukan test berlatih berbagai soal psikotes, sehingga anda menjadi benar-benar siap menghadapi psikotes dengan hasil maksimal.

Dalam rangka mengerjakan test psikotest atau apapun itu, berdoa adalah jalan yang harus dilakukan agar mencapai keberhasilan. Termasuk berhasil melampaui psikotest.

Untuk menghadapi ujian psikotest diperlukan ketenangan dan keyakinan yang besar untuk bisa mengerjakannya.

Ketenangan serta keyakinan sangat membantu memberikan kenyamanan tersendiri dalam mengerjakannya.

Rasa optimis diperlukan agar kita bisa lolos ujian psikotest yang akan dikerjakan.

Istirahat yang cukup

Pemenuhan kebutuhan istirahat adalah kiat lulus menghadapi psikotest. Dengan istirahat yang cukup pasti tubuh akan lebih siap dalam menghadapi apapun termasuk psikotest.

Jangan lupa makan

Mengerjakan ujian test semacam ini juga membutuhkan energi yang cukup dan energi tersebut didapat kalau kita makan atau sarapan pagi. Karena pada umumnya ujian psikotes ini dilakukan pada pagi hari.

Pastikan semua alat tulis yang dibutuhkan tersedia dengan baik.

Peralatan dalam psikotest biasanya adalah pulpen, penghapus, pensil (2B ataupun HB) dan kemudian rautan (untuk menajamkan pensil).

Jangan lupa pula membawa alat penunjuk waktu seperti jam. Karena penting untuk mengukur waktu yang diperlukan untuk test psikotest dan waktu yang disediakan oleh panitia.

(sumber)

NO COMMENTS

Comments are closed.