Inilah Sosok Sherlock Holmes Yang Sesungguhnya Dalam Dunia Nyata

Inilah Sosok Sherlock Holmes Yang Sesungguhnya Dalam Dunia Nyata

20
0
SHARE

Nama Sherlock Holmes sudah dikenal di seluruh dunia sebagai detektif fiktif yang paling terkenal. Film-film serta buku-bukunya masih terus diproduksi hingga sekarang. Tapi tahu kah anda bahwa tokoh Sherlock Holmes ini terinspirasi dari tokoh nyata? Orang itu adalah dr. Joseph Bell, yang merupakan dosen dari Sir Arthur Conan Doyle, si pengarang Sherlock Holmes.

Dokter Joseph Bell lahir pada tanggal 2 Desember 1837 di Inggris. Saat dewasa ia mengambil jurusan kedokteran dan kemudian menjadi pengajar pula di Universitas Edinburgh. Saat berpraktek dan mengajar, Bell selalu menekankan pada observasi mendalam sebelum mengambil kesimpulan.
Sering kali saat mengajar, ia memanggil orang asing yang lewat di depan kampus, membawanya ke depan kelas lalu mengobservasinya. Kemudian ia dapat menarik kesimpulan dengan benar tentang latar belakang, pekerjaan, atau apapun yang dilakukan oleh orang asing itu.

Inspirasi Sherlock Holmes  [Image Source 1, 2]
Inspirasi Sherlock Holmes [Image Source 1, 2]

Kebiasaannya ini pun ia lakukan saat mendiagnosa pasien. Ia bahkan dapat mengetahui keluhan atau permasalahan pasien saat mereka baru memasuki ruangan prakteknya dan belum mengeluarkan satu patah kata pun. Bell melatih kemampuannya setiap hari dengan mengobservasi setiap hal kecil dan setiap orang yang ditemuinya.
Ia dapat menebak dengan benar profesi, kebiasaan, latar belakang seseorang hanya dengan melihat bentuk tangannya. Atau ia dapat mengetahui seseorang itu pemabuk atau tidak hanya dengan melihat sepatunya. Kemampuan yang sangat mengagumkan ini kemudian sangat membantunya dalam profesinya sebagai dokter bedah. Dari kemampuan ini pula, lahirlah sebuah ‘jurusan’ dalam dunia kedokteran yang disebut ‘Forensik’. Bell adalah orang pertama yang menggunakan kemampuan analisa, observasi mendalam, serta deduksi dalam medis untuk mengungkap kejahatan.

Pemberitaan tantang Jack Te Ripper yang misterius [Image Source]
Pemberitaan tantang Jack Te Ripper yang misterius [Image Source]

Sering kali kepolisian Inggris menggunakan kemampuannya untuk mengungkap beberapa kasus kejahatan seperti pembunuhan, perampokan, dan lain-lain. Ia bahkan dipakai kepolisian untuk menyelidiki siapa sebenarnya Jack the Ripper, seorang pembunuh sadis yang menggemparkan Inggris di abad 19. Analisanya yang mendalam tentang Jack the Ripper konon katanya telah berhasil membuka jati diri Jack the Ripper yang sebenarnya. Sayangnya hasil analisa ini tidak dipublikasikan oleh kepolisian.

Arthur Conan Doyle [Image Source]
Arthur Conan Doyle [Image Source]

Di kampus, gaya mengajarnya yang menarik, pembawaannya yang unik, serta analisanya yang tidak pernah salah membuat salah seorang muridnya di kelas terkagum-kagum. Murid itu bernama Arthur Conan Doyle. Saking kagumnya ia lalu menciptakan seorang tokoh detektif fiksi bernama Sherlock Holmes yang ciri-cirinya sama persis dengan dr. Joseph Bell, bahkan sampai pada kebiasaan memakai topi dan jubah panjang. Banyak orang yang mengenal Bell saat itu dan ketika membaca Sherlock Holmes mereka langsung bilang kepada Doyle, “Ini kisah dokter Bell, ya?” Selain menginspirasi lahirnya tokoh Sherlock Holmes, dokter Bell juga menginspirasi lahirnya tokoh dokter di serial televisi bernama House MD. Serial ini pun jga memiliki banyak penggemar. Tetapi hanya Sherlock Holmes lah yang benar-benar menjadi inspirasi dalam dunia sastra sehingga penulis lain pun kemudian menciptakan tokoh detektifnya sendiri seperti Agatha Christie yang menciptakan Hercule Poirot.

 (sumber)

NO COMMENTS

Comments are closed.