Inilah Amalan untuk Memperlancar Rezeki

Inilah Amalan untuk Memperlancar Rezeki

4
0
SHARE

Rezeki merupakan perkara ghaib layaknya jodoh dan kematian. Meski sudah bekerja keras dan berusaha, tetap saja hasil akhirnya Allah yang menentukan. Tidak jarang, walau sudah berusaha optimal dalam mendatangkan rezeki, namun rezeki yang ditunggu tidak kunjung datang kepada kita.

Meski kadar rezeki manusia masing-masingnya sudah ditetapkan, namun Allah tidak serta merta mendatangkannya begitu saja. Ada yang datangnya mudah, ada pula yang harus menunggu sangat lama. nyatanya ada cara cara untuk menjemput dan menggapainya. Tidak hanya dengan bekerja keras, namun dengan amalan-amalan yang mungkin tidak masuk secara logika. Misalnya dengan menikah dan banyak sedekah.

1. Bersyukur
Bersyukur adalah ungkapan cukup atas apa yang telah kita terima. Meski terlihat begitu sepele, namun kegiatan  ini nyatanya susah diterapkan. Ketika manusia mendapatkan sesuatu, pasti dia menginginkan hal-hal yang lebih lagi dari yang dimiliki. Ini membuat lupa serta tidak menghargai apa yang sudah didapatkannya.
Bersyukur tentu saja tidak hanya berupa rezeki yang tampak. Namun terhadap rezeki yang tidak tampak seperti kesehatan.  Dalam kitab suci Al-Quran dijelaskan bahwa bersyukur bakal mendatangkan lebih. Seperti janji Allah dalam surat Ibrahim:7. Namun ini akan berbalik jika kita ingkar, maka Allah bakal mendatangkan azab yang begitu peduh.

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami bakal menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (Q.SIbrahim:7)

2. Shalat Dhuha
Shalat Dhuha merupakan salah satu amalan untuk memperlancar rezeki. Shalat sunnah ini dilakukan menjelang siang saat matahari sepenggalan naik. Rakaatnya berjumlah dua sampai 12 rakaat. Dalam doanya terdapat permintaan tentang rezeki yang begitu luas. Jika sering melakukan shalat ini, Insyaallah sanggup memperlancar rezeki dari arah yang tidak kita duga sebelumnya.

3. Birrul Waliddain (Patuh Kepada Kedua Orang Tua)
Bagaimana sanggup patuh kepada orang tua mendatangkan rezeki? Karena ridha Allah adalah Ridhanya orang tua dan sebaliknya, jika orang tua murka terhadap kita maka Allah dengan mudah menyengsarakan hidup kita, termasuk menutup pintu rezeki. Untuk itu, patuhlah kepada orang tua, serta selaraskan impian kita dengan impian mereka.

4. Menikah
nyatanya menikah juga merupakan amalan untuk memperlancar rezeki. Bagaimana bisa? Menikah bakal mendatangkan keberkahan karena dalam menikah ada setengah kesempurnaan agama setiap manusia.  Ketika menikah ada dua keluarga besar yang mendoakan untuk kebahagiaan pasangan yang menikah ini. Demikian halnya ketika punya banyak anak, maka rezeki pun semakin bertambah.

Karena masing-masing anak, memiliki rezekinya sendiri-sendiri yang telah ditetapkan oleh Allah. Terlebih jika pasangan suami istri yang rajin berdoa pada pertengahan malam. Maka Allah bakal malu tidak mengabulkan doa pasangan suami istri tersebut. Atas dasar inilah menikah mampu membuka pintu rezeki,maka yang belum menikah.

5. Membaca Istigfar
Istigfar merupakan salah satu cara untuk memperlancar rezeki. Terkadang rezeki yang harusnya turun kepada kita  terhambat karena banyaknya dosa. Astagfirullahaladzim merupakan kata dzikir untuk memohon ampunan dan penghapus dosa. Jika banyak berdizikir kepada Allah, insyaallah dosa-dosa bakal diampuna sehingga tidak lagi menghambat datangnya rezeki.

“Maka aku katakan kepada mereka, “Mohonlah ampun kepada tuhanmu Seseungguhnya dia adalah maha pengampun, Niscaya dia bakal menurunkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan pula untukmu di dalamnya sungai-sungai ” (QS Nuh: 10-12).

Ayat tersebut diartikan sebagai salah satu sarana untuk meminta diturunkannya rezeki dan hujan. Dengan beristigfar berarti sudah bertobat dan menjadi sarana membuka pintu-pintu rezeki.

6. Membaca Shalawat
Membaca kalimat Allahumma Shalli Alaa Sayyidina Muhammad Wa alihi Washahbihi Wasallim menjadi salah satu cara mendatangkan rezeki. Ini karena Nabi Muhammad merupakan manusia mulia dan Allah bakal mendatangkan keberkahan kepada siapa yang membaca shalawat untuknya. Perintah membaca shalawat ini tertuang dalam Al-Quran dan Hadis, sehingga tidak disangsikan lagi khasiat dari membaca shalawat ini.

7. Sedekah
nyatanya dengan memberikan sebagian rezeki yang kita miliki kepada orang lain maka bakal mendatangkan lebih banyak rezeki. Seperti ungkapan, jika kita tidak memberi, maka kita tidak bakal menerima. nyatanya sedekah merupakan kunci yang paling ampuh untuk membuka pintu rezeki. Allah bakal melipatgandakan pahala sedekah ini, dari sepuluh menjadi beratus-ratus kali lipat, dan ini sudah banyak terbukti.

Itulah amalan yang menjadi jalan untuk memperlancar rezeki.Cara-cara di atas sudah banyak dijalankan dan sudah terbukti ampun mendatangkan rezeki.  Semoga rezeki kita dimudahkan dan dilancarkan, terimakasih sudah membaca.

NO COMMENTS

Comments are closed.