Ini dia Ide Gila Google: Ponsel Dikendalikan Lewat Pakaian

Ini dia Ide Gila Google: Ponsel Dikendalikan Lewat Pakaian

22
0
SHARE

Divisi top secret Google, Advanced Technology and Projects (ATAP), turut hadir meramaikan ajang konferensi tahunan Google I/O 2015 di San Francisco yang dihadiri 6.000 developer.
ATAP merupakan sebuah divisi rahasia tempat Google mengerjakan ide-ide gila yang selama ini tidak terpikirkan oleh kita. Di antara ide gila yang dikerjakan Google adalah Project Jacquard, sebuah proyek untuk memasukkan teknologi sensor sentuh elektronik yang ditenun ke dalam kain menggunakan benang konduktif.
Tujuan dari proyek ini adalah agar kita bisa mengendalikan perangkat mobile seperti smartphone hanya dengan menggesekkan jari pada pakaian kita. Kain ini bisa mengontrol ponsel Anda. 
Dalam demo yang dipamerkan di Google I/O 2015, ATAP memamerkan kain yang dibuat menjadi taplak meja. Kain ini terhubung ke beberapa perangkat yang berbeda. Kain tersebut pada dasarnya bekerja seperti touchpad, hanya saja bahannya kain.
Hanya dengan menyentuh kain tersebut, Anda bisa mengontrol volume ponsel atau memutar tombol play untuk mendengarkan musik dengan menggesekkan jari di kain. Dalam demo yang ditunjukkan, pengunjung bisa juga mengaktifkan beberapa lampu Philips Hue, menggesekkan jari ke atas/bawah untuk menyesuaikan brightness, dan menggesekkan jari ke kiri/kanan untuk mengganti warna lampu.
Ide ini bukan tidak mungkin akan terwujud. Bayangkan, ada baju “pintar” dimana Anda bisa mengendalikan ponsel hanya dengan menggesekkan jari pada jeans atau kemeja Anda. Baju tersebut akan bertindak sebagai micro-controller yang dilengkapi berbagai sensor, seperti sensor accelerometers, giroskop, sensor tekanan, hingga memonitor denyut jantung.
Proyek Jacquard sayangnya masih belum diungkap secara detil. Tim ATAP kabarnya akan mempresentasikan inovasi tersebut pada hari kedua gelaran Google I/O 2015 besok.
(dew)

NO COMMENTS

Comments are closed.