Cara Indonesia Bisa Lepas dari Sanksi FIFA

Cara Indonesia Bisa Lepas dari Sanksi FIFA

7
0
SHARE

FIFA secara resmi menjatuhkan sanksi kepada Indonesia pada Sabtu 30 Mei 2015. Dengan sanksi ini, Indonesia dipastikan tak bisa bermain di kompetisi sepakbola internasional hingga sanksi dari FIFA dicabut.
Sanksi dari FIFA berlaku hingga Indonesia bisa menyelesaikan kisruh sepakbola nasional. Dalam suratnya, FIFA memberikan penjelasan, langkah apa saja yang bisa membebaskan Indonesia dari sanksi.
Pertama, FIFA meminta agar Komite Eksekutif (Exco) PSSI untuk mengatur kegiatannya secara independen. Artinya, FIFA mendesak PSSI segera menyelesaikan masalah mereka dengan Kemenpora.
Otoritas tertinggi sepakbola dunia tersebut berharap kegiatan PSSI tak lagi dicampuri oleh pemerintah beserta kroni-kroninya. Dalam arti, FIFA meminta agar SK Pembekuan PSSI segera dicabut.
Permintaan lainnya adalah terkait supervisi timnas. FIFA menyarankan agar PSSI tetap mengelola timnas. Mereka tak membenarkan pihak luar, macam Tim Transisi, untuk mengelola timnas di semua level.
Selain masalah timnas, kompetisi juga disinggung. Pihak pemerintah didesak oleh FIFA untuk mengembalikan otoritas kompetisi kepada PSSI. 
Dan yang terakhir, FIFA berharap masalah lisensi klub tak lagi direcoki. Menurut FIFA, yang berhak melakukan licensing terhadap klub-klub peserta kompetisi hanyalah PSSI sebagai anggota resmi dari FIFA.
Jika keempat syarat ini sudah dipenuhi, FIFA bersedia untuk mencabut sanksinya. Tak ada batas waktu yang diberikan oleh organisasi pimpinan Sepp Blatter tersebut kepada Indonesia dalam penyelesaian masalah.
“Pada 4 Juni 2015 adalah batas terakhir untuk menyertakan timnas senior ke Pra Piala Dunia 2018. Saya berharap Menpora bisa segera mencabut SK Pembekuan,” kata Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mattalitti, dalam wawancara dengan tvOne.

NO COMMENTS

Comments are closed.