Berdasarkan Hitungan Matematika, Alien Diperkirakan Sebesar Beruang….??

Berdasarkan Hitungan Matematika, Alien Diperkirakan Sebesar Beruang….??

10
0
SHARE

Dengan ribuan, bahkan jutaan planet di luar sistem tata surya, terdapat beberapa di antaranya yang mungkin dapat menyokong kehidupan. 
Jika kehidupan alien itu ada, ilmuwan belum mendapatkan gambaran jelas mengenai bentuknya, tapi dapat memperkirakan bobotnya. Seorang ahli kosmologi memperkirakan sebagian besar alien di luar bumi berukuran besar, dengan bobot hampir mencapai 314 kilogram. 
Fergus Simpson dari Universitas Barcelona memaparkan argumennya dalam situs arXiv. Perkiraan ini didasarkan sebuah model bernama teorema Bayes dan cabang ilmu matematika bernama statistik Bayesian. Tujuan ilmu ini adalah mengestimasi berbagai kemungkinan berdasarkan informasi yang tersedia. 
Simpson memulai kalkulasinya dengan jumlah individu yang kemungkinan besar hidup di suatu perabadan di luar bumi. Ia memperkirakan jumlahnya sekitar 50 juta atau sedikit di bawah itu. 
Sebagai analogi, Simpson mencontohkan populasi di Bumi. Jika Anda mengambil satu orang secara acak dari Bumi, individu itu kemungkinan besar berasal dari Tiongkok (1 dari 5 kesempatan) daripada Selandia Baru (1 dari 1.600). Namun, terdapat lebih banyak negara seukuran Selandia Baru ketimbang Tiongkok. Jadi, jika Anda harus diminta memilih satu nama negara secara acak, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan negara seukuran Spanyol atau Mozambique ketimbang Rusia, Tiongkok atau Amerika Serikat. 
Seperti dikutip Livescience.com, belum lama ini, konsep serupa diterapkan Simpson kepada alien. Asumsikan Bumi adalah planet tertinggi dalam jumlah penduduk, maka planet alien diperkirakan hanya menampung sekitar 50 juta. 
Menggunakan argumen serupa, Simpson menyebut planet yang mungkin menyokong kehidupan di luar angkasa sana diperkirakan lebih kecil dari Bumi. Dalam model teorinya, ia berasumsi sekitar 50 persen diameter Bumi itu sudah sangat rendah. Jika lebih rendah dari itu, maka akan sulit bagi Bumi untuk mendapatkan atmosfer atau air. Mars sebagai contohnya, hanya berukuran 53 persen Bumi. 
Bagian terakhir dari analisis Simpson adalah ukuran makhluk di luar Bumi. Binatang di Bumi dikenal memiliki kaitan antara ukuran dan jumlahnya. Semakin kecil spesies itu, maka eksistensinya akan semakin besar. Dari model yang dijalankan Simpson, bobot rata-rata alien itu diperkirakan sekitar 314 Kg, setara ukuran beruang atau rusa besar jenis elk. 
Hasil model ini mengindikasikan separuh makhluk di luar bumi lebih berat dari 314 Kg, sementara separuhnya di bawah itu. 
Dugaan Simpson yang menyebut makhluk besar kemungkinan besar ada di planet kecil terdengar janggal, tapi sebenarnya tidak. Perbandingan populasi dari planet-planet kecil, secara rata-rata, relatif lebih kecil daripada 7 miliar manusia yang hidup di Bumi. 

NO COMMENTS

Comments are closed.