7 Nutrisi untuk Mempertajam Fungsi Pendengaran

7 Nutrisi untuk Mempertajam Fungsi Pendengaran

11
0
SHARE

Pendengaran yang kurang tajam sering kali menjadi salah satu faktor penghambat terjadinya komunikasi yang baik. Hal ini sanggup terjadi karena kebersihan telinga yang tidak terjaga, penggunaan obat-obatan tertentu atau infeksi pada bagian dalam telinga.

Tidak hanya itu, nyatanya menurunnya ketajaman dalam mendengar sanggup disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi untuk tulang telinga. Layaknya organ lain, jaringan dalam telinga memang membutuhkan nutrisi untuk sanggup bekerja secara optimal. Berikut ini nutrisi untuk yang berfungsi mempertajam fungsi pendengaran.

1. Kalium
Kalium menjadi salah satu nutrisi yang penting untuk ketajaman pendengaran. Zat ini berfungsi mengatur kadar cairan dalam darah sehingga meningkatkan sirkulasi dan kemampuan dalam mendengar. Sumber makanan untuk mendapatkan zat ini adalah kentang, bayam, tomat, kismis, aprikot, pisang, melon, jeruk, yogurt dan susu rendah lemak.

2. Folat
Folat menjadi nutrisi yang penting bagi tubuh untuk menghasilkan sel-sel baru serta meningkatkan sirkulasi darah. Jika sirkulasi darah berjalan lancar, maka aktivitas pendengaran juga sanggup dipastika berjalan baik. Beberapa sumber makanan untuk mendapatkan zat folat antara lain sereal, hati, bayam, brokoli, asparagus, kacang hijau, alpukat, selada, kacang, jus tomat, telur, stroberi, pepaya, pisang, dan melon.

3. Magnesium
Magnesium menjadi nutrisi yang tidak kalah penting untuk menjaga kerja telinga. Unsur ini lah yang melindungi telinga ketika mendengar suara keras. Sehingga jika tubuh kekurangan zat ini, maka pembuluh darah di bagian telinga bakal menyusut. Selain itu oksigen bakal susah masuk ke pembuluh bagian telinga dan sanggup menyebabkan tuli permanen. Beberapa makanan yang baik sebagai sumber magnesium adalah pisang, kentang, bayam dan brokoli.

4. Seng
Seng merupakan mineral yang berfungsi dalam sistem kekebalan tubuh. Kekurangan nutrisi ini sanggup mengakibatkan telinga mudah terkena infeksi. Beberapa sumber makanan yang menjadi sumber Seng antara lain kacang mete, kacang almond, kacang tanah, kacang polong, lentil, cokelat hitam, tiram, daging sapi dan ayam.

5. Omega-3
Asam lemak dari omega 3 bermanfaat untuk mempengaruhi otak saat berkomunikasi dengan telinga. Kandungannya mencegah peradangan dan memastikan pesan-pesan akan sampai dari otak ke telinga secara efektif. Sumber nutrisi omega tiga sanggup diperoleh dari ikan, udang, kenari, biji rami, daging sapi, kedelai, tahu dan kembang kol.

6. Mineral Makro (Mangan)
Mangan dalam proses pendengaran berfungsi untuk meningkatkan pendengaran. Nutrisi ini bakal memastikan otak sebagai pusat syaraf berfungsi secara makasimal sehingga tidak ada hambatan ketika berkoordinasi dengan telinga. Sementara itu mangan sanggup ditemukan dari apel, aprikot, alpukat, kacang-kacangan, nanas, kismis, seledri, dan kuning telur.

7. Vitamin D
Kekurangan Vitamin D bakal menyebabkan osteopenia yakni kondisi dimana tulang dibagian telinga mengeras dan membentuk pori. Hal ini tentu menyebabkan hambatan fatal dan sanggup menghilangkan pendengaran total. Dalam hal ini Vitamin D berfungsi untuk penyerapan kalsium untuk tulang. Sumber vitamin terbaik ada pada sinar matahari, minyak ikan cod, minyak ikan, salmon, makarel, ikan tuna, hati, dan kuning telur.

Jika semua nutrisi ini sudah anda lengakapi, maka fungsi pendengaran bakal kembali menjadi tajam. Semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.

NO COMMENTS

Comments are closed.