6 Tokoh Terkenal, Tapi Yang Sejatinya Tidak Pernah Ada

6 Tokoh Terkenal, Tapi Yang Sejatinya Tidak Pernah Ada

32
0
SHARE

Sejak jaman dahulu, manusia selalu berusaha menciptakan maskot untuk merepresentasikan sebuah ide atau untuk tujuan propaganda.

Dan terkadang usaha mereka menghasilkan sesuatu yang luar biasa hingga tokoh-tokoh hasil rekayasa ini oleh banyak orang dianggap benar-benar ada.

Bahkan mungkin termasuk juga Anda?

Mulai dari penyanyi terkenal hingga tokoh kenegaraan di Amerika Serikat, berikut daftar 5 tokoh terkenal yang sejatinya tidak pernah terlahir ke dunia versi mbakbro.com :

1. Paman Sam

Tentu Anda pernah mendengar istilah ‘negeri Paman Sam’ bukan? Istilah ‘Paman Sam’ yang merujuk kepada negara Amerika Serikat ini memang merupakan personifikasi dari pemerintahan federal Amerika Serikat. Biasanya digambarkan sebagai seorang yang tinggi kurus, berjanggut, memakai topi bintang serta berpakaian merah, putih dan biru.

Lalu siapakah dia sebenarnya? Paman Sam sesungguhnya berasal dari sebuah poster ciptaan J.M. Flagg pada tahun 1917. Poster ini dibuat sebagai iklan untuk merekrut anak muda Amerika menjadi tentara pada Perang Dunia I dan II. J.M. Flagg menggunakan wajahnya sendiri sebagai inspirasi dari poster tersebut. Sedangkan nama Paman Sam berasal dari singkatan U.S. (United States) yang kemudian diplesetkan menjadi Uncle Sam

 
2. Aimi Eguchi

Gadis cantik pada gambar di atas adalah Aimi Eguchi, anggota grup girl band dari Jepang AKB48. Meskipun memang cantik tapi gadis ini mengejutkan para penggemarnya setelah dia membuka rahasia gelapnya.

Aimi Eguchi sesungguhnya adalah hasil rekayasa program komputer dengan mengambil beberapa bagian wajah dan tubuhnya dari anggota AKB48 yang asli
Dalam profil resmi AKB48, Aimi digambarkan berusia 16 tahun, berasal dari Saitama dan mengawali debutnya di dunia entertainment sebagai model dalam majalah Shueisha Weekly Playboy. Tetapi pada kenyataannya, Aimi hanyalah data sebesar 150 GB.

Gadis ini mungkin mewakili peradaban manusia beberapa abad ke depan, dimana manusia dan mesin, realitas dan khayalan akan bercampur baur sehingga sulit dibedakan

3. Jack Dawson

Kita mengenal nama Jack Dawson dari film Titanic. Dalam film legendaris ini Leonardo DiCaprio dengan sangat bagus memerankan tokoh fiksi ini hingga banyak orang yang menganggapnya benar-benar ada.

Tidak ada nama Jack Dawson dan Rose DeWitt Bukater dalam daftar nama penumpang Titanic karena mereka sesungguhnya adalah tokoh fiksi karangan James Cameron
Tetapi yang mengejutkan adalah, dalam daftar nama penumpang Titanic memang ada nama J. Dawson meskipun fakta ini baru diketahui James Cameron setelah film ini dibuat.

Dalam batu nisan hanya ditulis J. Dawson. Tidak seorang pun tahu huruf J. singkatan dari apa. Bisa saja James, Joseph, Jeremiah dan lain-lain. Atau bahkan mungkin singkatan dari huruf J. itu adalah benar-benar Jack?


4. Gorillaz

Band terkenal ini diluncurkan pada tahun 1998 oleh musisi Inggris Damon Albarn dan kartunis Jamie Hewlett. Kartunis? Yap, band ini memang bukan band biasa melainkan sebuah ‘virtual band’. Keempat anggotanya adalah 2D (lead vocal), Murdoc (bass), Noodle (guitar) dan Russel (drum).

Lalu bagaimana jika mereka harus tampil live? Jangan khawatir karena untuk mengatasi hal ini mereka memiliki Musion Eyeliner System, sebuah teknologi proyeksi holograph yang digunakan untuk membuat animasi 3D dari Gorillaz yang tampil live dalam Grammy Awards 2006. Tidak hanya Gorillaz, dalam animasi tersebut juga tampil Madonna (juga dalam bentuk virtual). Begitu bagusnya penampilan mereka hingga para penonton yang menyaksikan tidak bisa membedakan antara Madonna yang asli dan virtual

5. Hatsune Miku

Seperti juga Aimi Eguchi, Hatsune Miku adalah penyanyi terkenal dari Jepang yang juga bukan manusia Dan seperti juga Gorillaz, Hatsune Miku adalah hasil rekayasa program komputer bernama Vocaloid. Kata Vocaloid berasal dari ‘Vocal’ dan ‘Android’. Software ini mampu membuat sebuah lagu hanya dengan mengetik lirik dan melodi saja. Teknologi synthesizing yang digunakan kemudian menggabungkannya dengan suara penyanyi yang sudah direkam sebelumnya.

Karena bukan manusia, konser Hatsune Miku harus dilakukan dengan teknologi holograph. Dalam setiap konsernya digunakan 16 proyektor dan software 3D effect yang bisa menampilkan sosok penyanyi ini. Meskipun bukan manusia, tapi Hatsune Miku sangat terkenal di Jepang. Bahkan albumnya telah dirilis dan hanya dalam tahun 2007 telah berhasil terjual sebanyak 60.000 copy

6. Sherlock Holmes

Sherlock Holmes (/ˈʃɜrlɒk ˈhoʊmz/) adalah tokoh detektif fiksi rekaan Sir Arthur Conan Doyle, seorang pengarang dan dokter berkebangsaan Skotlandia. Holmes yang menyebut dirinya sebagai seorang “detektif konsultan” ini dikenal akan ketajaman penalaran logis, kemampuan menyamar, dan keterampilannya dalam menggunakan ilmu forensik untuk memecahkan berbagai kasus.

Holmes, yang pertama kali muncul pada tahun 1887, menjadi tokoh dalam empat novel dan 56 cerita pendek. Novel pertama yang menampilkan sosoknya, Penelusuran Benang Merah, dimuat di Beeton’s Christmas Annual pada tahun 1887.

Sementara itu, novel kedua, Empat Pemburu Harta, dimuat di Lippincott’s Monthly Magazine pada tahun 1890. Tokoh ini semakin populer setelah cerita pendeknya dimuat secara berseri di The Strand Magazine, diawali dengan Skandal di Bohemia pada tahun 1891 yang berlanjut sampai tahun 1927 dengan tambahan dua novel. Novel dan cerita pendek tersebut berlatar waktu tahun 1880-an hingga 1914.

Hampir semua cerita petualangan Holmes dinarasikan oleh sahabat karibnya, dr. John H. Watson, kecuali dua yang diceritakannya sendiri (Kasus Prajurit Berwajah Pucat dan Misteri Surai Singa) serta dua yang ditulis dengan sudut pandang orang ketiga (Kasus Batu Mazarin dan Salam Terakhir).

Dalam dua cerita, Ritual Keluarga Musgrave dan Kapal Gloria Scott, Holmes awalnya memberitahu Watson apa yang diingatnya mengenai kasus tersebut, lalu dikembangkan oleh Watson. Novel pertama dan keempatnya, Penelusuran Benang Merah dan Lembah Ketakutan, masing-masing memiliki bagian penceritaan ulang dalam sudut pandang orang ketiga serbatahu yang tidak diketahui oleh Holmes maupun Watson.

Bagaimana dengan ente gansis? masih nggak nyangka Sejujurnya, apakah pernah Anda menganggap salah satu di antara tokoh-tokoh terkenal di atas adalah nyata dan benar-benar ada? Silahkan komen, no junk Terimakasih.

(sumber)

NO COMMENTS

Comments are closed.